//

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Indonesia di Kelas VIII SMPN 6 Krueng Alem Kabupaten Nagan Raya

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Darmawati - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Quantum Teaching Penelitian ini mengkaji tentang “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pokok Bahasan “Sistem Pemerintahan Indonesia” di Kelas VIII SMP Negeri 6 Krueng Alem Kabupaten Nagan Raya”. Metode belajar mengajar yang digunakan guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan salah satunya adalah melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru melalui pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 orang SMPN 6 Krueng Alem Nagan Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 65, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa keselurahan dalam satu ruangan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 69,8 atau terdapat 28 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 85 atau terdapat 35 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 100% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada konsep demokrasi di kelas VIII SMPN 6 Krueng Alem Nagan Raya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga meningkat pada siklus pertama kemampuan dalam mengelola pembelajaran mencapai 3.00 (baik), pada siklus ke dua kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 4.00 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa juga meningkat pada siklus pertama aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 80% (baik), pada siklus kedua aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 86% (sangat baik).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK (Iqbal Khadafi Phonna, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy