Search :

Advance


KAJIAN TEKNIS JALAN ANGKUT TERHADAP OPTIMALISASI PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI BATUGAMPING DI QUARRY SAWANGAN PT. SINAR TAMBANG ARTHALESTARI AJIBARANG BANYUMAS JAWA TENGAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Hasi Yana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK PT. Sinar Tambang Arthalestari (PT STAR) merupakan perusahaan tambang yang bergerak di industri semen. Kegiatan pengangkutan batugamping di perusahaan tersebut dilakukan dengan menggunakan dump truck Hino yang berkapasitas 26 ton. Target produksi batugamping pada PT. Sinar Tambang Arthalestari sebesar 8.256 ton/hari. Akan tetapi dari fakta di lapangan, batugamping yang dapat diangkut oleh dump truck hanya 4.715 ton/hari. Ketidakcapaian produksi disebabkan oleh kondisi curah hujan yang cukup tinggi sehingga jalan angkut menjadi licin dan berlumpur. Ditambah lagi dengan adanya sebagian segmen yang belum mempunyai saluran penirisan, tidak adanya cross slope, tidak adanya superelevasi dan persentasi rolling resistance yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan geometri jalan angkut yang seharusnya, dengan mengacu pada dimensi alat angkut terbesar. Geometri jalan angkut disini meliputi lebar jalan, kemiringan jalan, jari-jari tikungan, superelevasi, dan cross slope. Dari hasil penelitian cross slope pada jalan angkut seharusnya mempunyai kemiringan sebesar 10 cm untuk satu jalur dan 16 cm untuk dua jalur. Selain itu, diperlukan superelevasi sebesar 0,64 m agar kecepatan alat angkut ditikungan dapat ditingkatkan. Perbaikan ini dapat meminimalisir rolling resistance sehingga produksi meningkat sebesar 5.763 ton/hari. Dimensi saluran penirisan ditentukan dengan menggunakan data curah hujan. Untuk saluran penirisan dengan curah hujan harian sebesar 89,09 mm/hari, kedalaman saluran penirisan dengan bentuk trapesium harus mempunyai ukuran 0,397 m, lebar bagian atas 0,917 m dan bagian bawah 0,458 m. Kata kunci: jalan angkut, alat angkut dan produksi batugamping

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS JALAN ANGKUT TERHADAP OPTIMALISASI PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI BATUGAMPING DI QUARRY SAWANGAN PT. SINAR TAMBANG ARTHALESTARI AJIBARANG BANYUMAS JAWA TENGAH (Risa Hasi Yana, 2017)

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA TAMBANG KUARI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH (Muhammad Iqbal, 2017)

EVALUASI KETERCAPAIAN PRODUKSI BATUGAMPING DI CRUSHER SAWANGAN PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARIAJIBARANG BANYUMAS JAWA TENGAH (Yudi Saputra, 2017)

OPTIMASI PRODUKTIVITAS PENAMBANGAN BATUGAMPING OLEH PT. MACMAHON INDONESIA DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KAPASITAS PRODUKSI DAN TEORI ANTRIAN (Fachriansyah, 2017)

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.