Search :

Advance


STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairunnisa - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Judul dari penelitian ini adalah “Strategi Komunikasi Dokter Gigi Muda Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pasien”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang akan digunakan dalam meningkatkan kepercayaan pasien. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode deskripsif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori model kepercayaan kesehatan (Health Belief Model Theory). Subjek dalam penelitian ini adalah dokter gigi muda dan pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi non participant, dan dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 kepada 15 informan dengan kriteria informan yakni merupakan dokter gigi muda, sudah menangani kasus sebanyak 3 bidang, dan merupakan pasien yang telah melakukan perawatan gigi di RSGM Unsyiah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh dokter gigi muda adalah mengenali masyarakat yang akan dirawat, melakukan pendekatan dengan khalayak dan menentukan metode yang akan disampaikan, dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan khalayak dan dapat merubah sikapnya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Dokter Gigi Muda, Kepercayaan, Pasien.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH) (Chairunnisa, 2017)

GAMBARAN PENGGUNAAN PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) PADA DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH (Sarah Fadhilla, 2017)

GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH MENGENAI RADIASI IONISASI DAN EFEK NEGATIF RADIASI IONISASI DALAM DENTAL RADIOGRAFI (susanti angkat, 2014)

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH (Mutia Febrina, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PASIEN DALAM BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUHAMMAD REZA MAULANA NASUTION, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.