Search :

Advance


GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENGANALISIS KONSEP FISIKA MELALUI GRAFIK KINEMATIKA DI SMA NEGERI 2 DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Endah Muliana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muliana, Endah. 2017. Gaya Berpikir Siswa Dalam Menganalisis Konsep Fisika Melalui Grafik Kinematika di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya. Skripsi, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saminan, M.Pd., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd Kata Kunci: gaya berpikir, menganalisis konsep fisika, grafik kinematika Gaya berpikir siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, namun guru belum fokus terhadap proses belajar mengajar, sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi, khususnya dalam pelajaran menganalisis konsep fisika melalui grafik pada konsep kinematika. Oleh karena itu mengetahui gaya berpikir siswa bagi seorang guru khususnya guru fisika, merupakan suatu usaha yang sangat penting untuk mewujudkan keberhasilan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya berpikir siswa dalam menganalisis konsep fisika melalui grafik pada konsep kinematika di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Mipa1 dan X Mipa2 yang berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner, angket yang digunakan berupa angket tertutup yang diadaptasi dari buku Quatum Learning yang ditulis oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya berpikir sekuensial konkrit (S1) sebesar 27%, gaya berpikir sekuensial abstrak (S2) sebesar 14%, acak abstrak (A1) sebesar 34%, gaya berpikir acak konkrit (A2) sebesar 25%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan gaya berpikir siswa menganalisis konsep fisika melalui grafik kinematika di SMA Negeri 2 Darul Makmur, Nagan Raya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

PERBEDAAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK ANTARA MURID SD NEGERI UPT II SEUNEUAM DENGAN MURID SD NEGERI KARANG ANYER KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ADHARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.