Search :

Advance


KETERAMPILAN MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH LATIHAN (PPL)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhijjah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhijjah.2017. Keterampilan mahasiswa FKIP Ekonomi Unsyiah Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Latihan(PPL). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Nana Suraiya, S.pd, M.pd. Kata kunci: Keterampilan Mahasiswa PPL, Kegiatan Pembelajaran Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi dalam melaksankan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL) mahasiswa Fkip Ekonomi dari masing-masing keterampilan yaitu keterampilan membuka pelajaran,keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan,keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil peroranggan dan keterampilan menutup pelajaran. Yang menjadi responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Fkip Ekonomi yang telah mengambil mata kuliah PPL pada tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil yang berjumlah 20 orang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket/kuisioner. Data penelitian diolah dengan menggunakan rumus presentase (%) dan rata-rata x ̅. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL) pada keterampilan membuka pelajaran dikategorikan cukup baik dengan rata-rata sebesar 3,1, selanjutnya, keterampilan dalam memberi penguatan dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 3,6, keterampilan bertanya dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,3, keterampilan mengadakan variasi dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,1, keterampilan menjelaskan dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,1, keterampilan mengelola kelas dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,5, keterampilan mengajar kelompok kecil peroranggan dikategorikan rata-rata sebesar 3,7 dan keterampilan menutup pelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,15. Disarankan kepada mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah agar dapat menguasai lagi aspek keterampilan-keterampilan dasar dalam mengajar sehingga dapat menciptakan belajar mengajar yang baik. pada aspek keterampilan memberi penguatan,bertanya,menjelaskan, megelola kelas, mengadakan variasi,mengajar kelompok kecil dan perorangan, dan menutup pelajaran. Untuk itu diharapkan kepada mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah agar mempertahankan dan dapat meningkatkan lebih baik lagi keprofesionalnya. iv

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERAMPILAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH DALAM PERKULIAHAN MICRO TEACHING SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (Ruslaini, 2015)

KORELASI ANTARA NILAI INDEKS PRESTASI (IP) DENGAN NILAI UJI KOMPETENSI MAHASISWA FKIP EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (DARA NUNCIATA, 2014)

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KARTU PAKET INTERNET PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNSYIAH (Nora Elisa, 2015)

STRATEGI MAHASISWA PRAKTIKAN JURUSAN EKONOMI FKIP UNSYIAH DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN EKONOMI (cut putri hellena, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.