//

PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Akmal fajar - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
HUMAN RESOURCE-DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indeks pembangunan manusia (ipm) dengan kompenen indikator yaitu indeks kesehatan yang ditunjukkan melalui Angka Harapan Hidup, indeks pendidikan yang ditunjukkan melalui tingkat melek huruf dan lama sekolah serta indeks konsumsi yang ditunjukkan melalui pengeluaran per kapita yang disesuaikan terhadap pertumbuhan ekonomi yang diukur melalui laju pertumbuhan produk domestic regional bruto (pdrb) dengan ruang lingkup penelitian pada tahun 2008 hingga tahun 2012 di 23 kabupaten/kota di provinsi aceh. Variable yang diteliti terdiri dari 4 (empat) variable bebas yaitu indeks harapan hidup, indeks rata-rata lama sekolah dan indeks pengeluaran perkapita yang disesuaikan serta 1 (satu) variable terikat yaitu pertumbuhan ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder dengan melakukan analisis kuantitatif. Alat analisis menggunaka metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan data panel. Kesimpulan bahwa variable indeks harapan hidup dan indeks melek huruf berpengaruh positif namun tidak signikan terhadap pertumbuhan ekonomi serta pengeluaran per kapita memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan indeks rata-rata lama sekolah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di aceh. Berdasarkan keterbatasan penelitian ini maka perlu dilakukan penelitian selanjutnya dengan memperhatikan variable dan respondennya. Untuk menjadikan penelitian ini lebih representatif yaitu dengan menambah jumlah tahun dan diperbaharui variabel yang mempengaruhi Index Pembangunan Manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETIDAKSETARAAN GENDER DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI ACEH. STUDI KOMPARASI: WILAYAH KOTA DI ACEH (HILDA FADHILLA, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR KESEHATAN, PENDIDIKAN, DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI ACEH (Intan Safitri, 2016)

ANALISIS PENGARUH PAD, DAK, DAN DAU TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Kartika Jannah, 2018)

KETIDAKSETARAAN GENDER DAN PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KOMPARASI: ANTARWILAYAH KOTA DI PROVINSI ACEH) (KHAIRUN NISAK, 2016)

ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOCIAL CAPITAL TERHADAP PDRB DI PROVINSI ACEH (M. Fazri Fahlevi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy