Search :

Advance


PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Yanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Novi Yanti (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Matematika Realistik disertai Video Pembelajaran Salah satu pendekatan pembelajaran yang selaras dengan proses pembelajaran yang diharapkan oleh Kurikulum 2013 adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Prinsip yang dimiliki PMR dapat menumbuhkan karakter-karakter seperti kemandirian, demokrasi, toleransi, tanggung jawab, berpikir kritis dan kejujuran. Prinsip tersebut membantu guru melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan karakter. Pelaksanaan pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh pemahaman guru terhadap prinsip PMR berbasis karakter. Oleh karena itu, diperlukan video pembelajaran yang merupakan penerapan perangkat pembelajaran matematika realistik berbasis karakter. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis karakter melalui pendekatan matematika realistik disertai video pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas lima fase yaitu fase investigasi awal, desain, realisasi, tes, evaluasi dan revisi, dan implementasi. Model Plomp yang dijalankan dalam penelitian ini hanya empat fase yaitu fase investigasi awal sampai dengan fase tes, evaluasi dan revisi. Fase investigasi awal dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan guru berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis karakter di kelas. Fase desain dilakukan untuk melihat kesesuaian produk dengan hasil analisis kebutuhan bertujuan untuk memperoleh gambaran atau ide tentang perangkat yang dihasilkan. Fase realisasi/rekonstruksi dilakukan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid. Fase tes, evaluasi dan revisi adalah ujicoba lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang praktis. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Tes Hasil Belajar (THB) dan video pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid dan praktis. Selain itu, perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Karakter, Perangkat Pembelajaran Matematika, Video Pembelajaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS DAN MEMANFAATKAN “VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA” (RAHMI HAYATI, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA (Sera Delta Tanjung, 2017)

NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO (INTAN SARI, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Siska Adilla, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.