Search :

Advance


KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SMPN 3 SAMATIGA ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ainal marziah - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kendala guru, dalam minat belajar Penelitian yang berjudul “Kendala-kendala yang Dihadapi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada SMPN 3 Sama Tiga” ini mengangkat masalah bagaimanakah kendala-kedala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada SMPN 3 Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat, dan untuk mengetahui upaya guru mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada SMPN 3 Sama Tiga. yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berjumlah 9 orang pada SMPN 3 Sama Tiga Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif analitik data yang diperoleh berupa kata-kata dan perilaku tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, malainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekadar angka atau frekuensi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Untuk menganalisis data penelitian ini, ditempuh prosedur yaitu reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 3 Sama Tiga yaitu fasilitas pembelajaran sangat kurang, minat belajar siswa terutama dalam membuat Pekerjaan Rumah (PR) sangat kurang, faktor lingkungan yang masih kurang peduli terhadap pelajaran, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, disebabkan kurangnya dukungan dari orang tua dan masyarakat, siswa kurang bertanya ketika dalam proses belajar mengajar, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru ketika belajar mengajar berlangsung, jumlah siswa yang sedikit maka semangat belajar siswa masih kurang. Upaya guru mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan cara memberikan hadiah kepada siswa yang mendapat rangking di kelas, memberikan hadiah kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru, memberi bimbingan kepada siswa, memberi hukuman yang bersifat mendidik bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, memberi motivasi belajar. Dan dengan membuat alat peraga yang mungkin di buat dan mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan upaya guru meningkatkan minat belajar siswa baik pada jenjang SMP/MTs maupun pada jenjang SMA/MA dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini, umpamanya faktor-faktor internal dan eksternal siswa yang mempengaruhi kegagalan belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT DAN KENDALA SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 5 LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Radhiah, 2013)

KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (sugiatno, 2013)

KENDALA GURU SENI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN NOTASI BALOK DI SMA SE KABUPATEN ACEH TAMIANG (Faridah hanum, 2014)

KREATIFITAS GURU MENGGUNAKAN METODE DAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) MODEL MEULABOH 1 JOHAN PAHLAWAN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (NURHAYANI, 2014)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 2 JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Nurjani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.