//

PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) FISIKA TENTANG ALAT LABORATORIUM PADA MATA KULIAH ALAT UKUR DAN PENGUKURAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Irvan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada masa pembelajaran sekarang sangat dibutuhkan guru yang dapat memaksimalkan penggunaan alat pada laboratorium agar supaya guru tersebut mampu menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen. Namun dewasa ini, masih banyak terdapat sekolah yang belum memaksimalkan penggunaan laboratorium atau melakukan praktikum. Hal ini diindikasikan karena kurangnya pengetahuan guru tentang penggunaan laboratorium sehingga kegiatan praktikum di sekolah sangat jarang dilakukan. Maka dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengetahuan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fisika Tentang Alat Laboratorium pada Mata Kuliah Alat Ukur dan Pengukuran”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fisika tentang alat laboratorium pada mata kuliah alat ukur dan pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi dengan menggunakan teknik total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah tahun 2015 yang berjumlah 77 orang, dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah tahun 2015 yang berjumlah 77 orang (total sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal tes. Data diolah dengan menggunakan persentase dalam tiap indikator dan untuk tiap nomor soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa PPL masih kurang dalam hal memasang, merancang, atau menggunakan alat dengan benar. Adapun alat ukur yang masih kurang dikuasai oleh mahasiswa PPL adalah hygrometer, osiloskop, dan multimeter. Semoga dengan hasil penelitian ini mahasiswa dapat memperdalam pengetahuannya kembali khususnya dalam hal memasang, merancang, atau menggunakan alat dengan benar dan dapat menjadi perhatian khusus bagi dosen pengasuh mata kuliah di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah khususnya mata kuliah praktikum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA-KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENYELESAIKAN MATA KULIAH SEMINAR FISIKA (Nurmala, 2014)

KONTRIBUSI NILAI MATA KULIAH BIDANG PROFESIONAL DAN MATA KULIAH PEDAGOGIK TERHADAP NILAI MATA KULIAH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Novi Sriutami Ningsih, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MODERN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENDAHULUAN FISIKA INTI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Eviza Nurfadilla, 2017)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DAN EVALUASI PENGAJARAN FISIKA (EPF) DENGAN NILAI MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA (PPF) PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (Sri Ulina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy