Search :

Advance


HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yenny Kurniawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kurniawati, Yenny. Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Gerak Lurus dalam Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ingin jaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Ngadimin, M.Si (2) Drs. Ahmad Farhan, M.Si Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Penelitian yang berjudul “Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Gerak Lurus dalam Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ingin jaya” ini mengangkat masalah mengenai bagaimanakah hubungan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada materi gerak lurus di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada materi gerak lurus di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Pengolahan data menggunakan analisis statistik uji korelasi untuk mengetahui besarnya koefisien keeratan hubungan kedua variabel serta menggunakan analisis uji-t untuk menguji signifikansi koefisien korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa harga koefisien r pada pertemuan pertama adalah 0,424 yang menunjukkan korelasi agak rendah dan pada pertemuan kedua diperoleh harga koefisien r adalah 0,699 atau 0,7 yang menunjukkan korelasi cukup. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh bahwa pada pertemuan pertama t_hitung= 2,04 dan pada pertemuan kedua t_hitung= 4,26 sedangkan t_tabel adalah 1,72. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel, yang berarti bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar fisika pada materi gerak lurus yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation pada kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Ingin Jaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATIONRNPADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMANRNSOSIAL BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 1 JAYA ACEH JAYA (Risa soraya, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.