Search :

Advance


PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2, SMP NEGERI 8 DAN SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang irhamiati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irhamiati. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd., (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd Kata Kunci : Kontrol diri, Disiplin belajar Disiplin belajar merupakan usaha individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru, sebagai hasil dari proses belajar serta interaksinya dengan lingkungan yang menunjukkan kepatuhan akan tata tertib. Adapun disiplin tidak tumbuh dengan sendirinya dalam diri seseorang, disiplin akan mudah tumbuh dan berkembang bila timbul dari kesadaran dalam diri serta adanya kualitas pengendalian diri (kontrol diri). Penelitian ini mengenai disiplin belajar siswa yang dipengaruhi oleh kontrol diri. Kontrol diri yang tinggi dalam diri siswa akan membantu dalam meningkatkan disiplin belajar disekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran kontrol diri, gambaran disiplin belajar dan pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.127 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 295 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linear. Merujuk pada tujuan penelitian yaitu mengetahui gambaran kontrol diri, gambaran disiplin belajar dan pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 2, SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 17 Banda Aceh, maka hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan bahwa kontrol diri dan disiplin belajar masing-masing berada pada kategori sedang yaitu 43,7% dan 37,6%. Hasil analisis koefisien regresi sebesar 0,690 dengan p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Siti Ummami, 2014)

HUBUNGAN DISIPLIN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA KABUPATEN ACEH TIMUR (MUSLAILY, 2015)

PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI SISWA PADA SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Riska Emalia, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RNPENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN RNLINGKUNGANNYA DI KELAS V RNSD NEGERI 12 BANDA ACEH (priska kristina, 2014)

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH (Aisyah Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.