Search :

Advance


EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisyarah Sulaiman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH OLEH: MAISYARAH S NPM : 1409200050027 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Nasir Usman, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Pengawasan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan program pengawasan, pelaksanaan program, evaluasi program, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan tugas pengawas untuk meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah Dasar di Lingkungan UPTD Suku I Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan guru senior/MGMP. Hasil penelitian meliputi: (1) program pengawasan disusun secara tertulis, dibuat setiap awal tahun. Dalam penyusunan program tersebut ditentukan jadwal kunjungan ke sekolah dan adanya pengaturan waktu. Setelah hal tersebut ditentukan, baru dari pihak pengawas datang ke sekolah binaannya untuk mendiskusikan program dan membuat program supervisi bagi sekolah. Dalam hal ini pengawas dibantu oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru; (2) Pelaksanaan kegiatan pengawas dalam meningkatkan mutu pendidikan, diantaranya adalah: pelaksanaan supervisi akademik meliputi pelaksanaan observasi kelas, adanya konsultasi pribadi secara individual, adanya pembentukan kelompok diskusi mata pelajaran yang diadakan secara berkelompok, adanya pemberian pelatihan dan seminar tentang professional guru dan supervisi klinis, dan kemudian supervisi manajerial; (3) Evaluasi program pengawasan untuk meningkatkan mutu pendidikan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu tahapan evaluasi pelaksanaan supervisi dan tahapan hasil; dan (4) Faktor pendukung: adanya dukungan Dinas Pendidikan, pembagian tugas yang jelas, adanya kantor khusus pengawas, kesigapan pengawas dalam melakukan supervisi, dan adanya hubungan dekat (mitra sejawat), sedangkan faktor penghambat: motivasi pengawas yang kurang, program tidak tepat sasaran, dan waktu yang tidak mencukupi. Kata Kunci: Efektivitas Pengawas, dan Mutu Pendidikan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH PADA UNIT PELAKSANA TUGAS DINAS (UPTD)–II PENDIDIKAN DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT–ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE (RONA SAMDONI, 2016)

STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 22 BANDA ACEH (SUWARDI JAMAL, 2015)

PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 2 BANDAR BARU PIDIE JAYA (MAKMURRIZAL, 2016)

KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (TEUKU MIFTAHUDDIN, 2015)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN SEKOLAH PADA SD KEMALA BHAYANGKARI KOTA BANDA ACEH (Fitriyani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.