Search :

Advance


PENGEMBANGAN ELECTRONIC MODULE (E-MODULE) KIMIA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang haris zulvianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: e-module, Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan e-module pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ini bertujuan untuk mengembangkan e-module yang layak diterapkan di SMA, menguji validasi e-module dan untuk mengetahui tanggapan responden melalui uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dimodifikasi dan pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian dilakukan dengan memodifikasi tahapan metode R&D yang ada. UJi validasi oleh ahli dilakukan untuk menilai kelayakan e-module. Pada uji validasi, e-module mendapatkan nilai yang tinggi dengan rata-rata persentase dari ketujuh aspek yang dinilai yaitu 88,67% yang secara kualitatif sangat valid dan layak diterapkan. Tahapan uji coba terbatas dilakukan terhadap 10 orang siswa kelas X dan 2 orang guru kimia di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Berdasarkan hasil angket diketahui tanggapan siswa mendapatkan perolehan sebesar rata-rata 91% (sebagian besar) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan e-module. Hasil tanggapan guru berdasarkan angket diketahui bahwa guru setuju bahwa e-module hasil pengembangan dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Dari hasil uji validas dan uji coba terbatas disimpulkan bahwa e-module hasil pengembangan mendapatkan kualifikasi baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran modern, karena memiliki tampilan yang menarik, mudah digunakan dan mampu meningkatkan konsep larutan elektrolit dan non elektrolit siswa. Pada penelitian lebih lanjut perlu dikembangkan lagi e-module yang tampilannya lebih menarik, atraktif dan interaktif dengan menggunakan aplikasi terbaru dan lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Feri Safrina, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMAN 6 LAMJABAT BANDA ACEH (Muhammad Jamil, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMAN 1 PEUKAN BARO PIDIE (Nurhalimah, 2015)

PERBANDINGAN PEMBERIAN CAIRAN INFUS NACL 0,9% DAN RINGER LAKTAT TERHADAP PERUBAHAN KADAR ELEKTROLIT PADA OPERASI TRANSURETHRAL RESECTION OF PROSTATE (TURP) (Rahmanizar, 2015)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Lailatul Qadri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.