Search :

Advance


KEANEKARAGAMAN SPESIES AVES PADA KOMUNITAS TUMBUHAN DI KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhakikat - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhakikat. 2017. Keanekaragaman Spesies Aves pada Komunitas Tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S. M.Si., (2) Drs. Dahlian Oesman Kata Kunci: Keanekaragaman spesies aves, Komunitas Tumbuhan, dan Kampus Universitas Syiah Kuala Aves merupakan salah satu kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia. Keberadaan pakan, tempat bersarang dan singgah merupakan faktor yang mempengaruhi kekayaan spesies aves pada tingkat lokal. Kampus Universitas Syiah Kuala memiliki spesies tumbuhan yang beragam sehingga terbentuk komunitas tumbuhan, dan ditemukan berbagai spesies aves. Penelitian tentang “Keanekaragaman spesies Aves pada Komunitas Tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala” telah dilakukan pada bulan Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui komposisi spesies aves, (2) deskripsi spesies aves pada komunitas tumbuhan, dan (3) mengetahui tingkat keanekaragaman spesies aves pada komunitas tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung dan metode line transect. Pengamatan dilakukan dengan cara pencatatan dan pengoleksian gambar spesies aves pada setiap titik hitung selama 20 menit, pada pagi dan sore hari. Analisis data (1) Komposisi spesies aves menggunakan rumus persentase, dan (2) Tingkat keanekaragaman dianalisis dengan rumus Indeks Keanekaragaman Shannon-Weaver (Ĥ). Hasil penelitian adalah (1) Komposisi spesies aves berkisar antara 7% sampai 80%, (2) Terdapat 15 spesies aves yang dapat dideskripsikan, dan (3) Nilai indeks Keanekaragaman spesies aves pada komunitas tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala adalah 2,111. Kesimpulan (1) Komposisi spesies aves berkisar antara 7% sampai 80%, (2) dapat dideskripsikan 15 spesies aves pada komunitas tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala, dan (3) Tingkat keanekaragaman spesies aves pada komunitas tumbuhan di Kampus Universitas Syiah Kuala adalah sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS VEGETASI DI HUTAN KOTA BNI GAMPONG TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH SEBAGAI MEDIA PRAKTEK LAPANGAN EKOLOGI TUMBUHAN (Suryanita, 2014)

KEANEKARAGAMAN, ARSITEKTUR POHON DAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Vivera Ruselli Puspa, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS GASTROPODA DAN BIVALVIA DI KAWASAN KUALA IDI, KECAMATAN IDI RAYEUK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Nisfu Riyazi, 2016)

PERANAN AREAL KONSERVASI SEBAGAI DAERAH PENYANGGA KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ORGANIK DI ALUE BILIE, KABUPATEN NAGAN RAYA (Heriadi Pranata. S, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (Aris Munandar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.