Search :

Advance


MINAT PEMANFAATAN LAYANAN DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA OLEH GURU BK DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Adelia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Minat Pemanfaatan Layanan, Penggunaan Media, Guru BK Penelitian yang berjudul “Minat Pemanfaatan Layanan Ditinjau dari Penggunaan Media oleh Guru BK di SMP Negeri Kota Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media oleh guru BK dalam memberikan pelayanan kepada siswa dan mengetahui minat siswa dalam memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling ditinjau dari penggunaan media oleh guru BK di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK sebanyak 5 orang dan siswa sebanyak 6 orang. Sedangkan objek penelitian adalah minat pemanfaatan layanan ditinjau dari penggunaan media oleh guru BK. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemanfaatan media oleh guru BK dalam memberikan pelayanan kepada siswa di SMP Negeri Banda Aceh yang diwakili oleh SMP Negeri 6, SMP Negeri 17 dan SMP Negeri 11 Banda Aceh telah berjalan dengan relatif baik. Media BK yang dimaksud dalam penelitian ini adalah segala jenis (benda) perantara yang dapat menyalurkan informasi dari guru BK kepada siswa sebagai orang yang membutuhkan informasi, yaitu papan bimbingan, kotak masalah, permainan, komputer/laptop dan peralatan audio visual. Mengenai minat siswa dalam memanfaatkan pelayanan BK, berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan berjalan relatif baik pula. Artinya, sebagian besar siswa di sekolah-sekolah tersebut mempunyai minat yang relatif tinggi dalam memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling ditinjau dari penggunaan media oleh guru BK. Hal tersebut terbukti dengan siswa yang semakin bergairah, tertarik pada materi, tertarik pada guru BK, mempunyai inisiatif, kesegaran, teliti, konsentrasi serta mengalami peningkatan dalam belajar dan ulet, terutama setelah guru BK menggunakan media ketika menyampaikan materi atau memberikan layanan. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru BK agar selalu berupaya memberikan layanan yang baik dan maksimal, terutama dengan memaksimalkan pemanfaatan media BK agar siswa lebih berminat dan tertarik mengikuti layanan yang diberikan serta dapat membantu permasalahan mereka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI (IT) SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (CUT YUSI RAHMITA, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Desy Alfiah Naim, 2013)

KEPRIBADIAN GURU BK DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PADA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Rahima Rahmana Ayu, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH (TRIA AYU DINI, 2015)

KENDALA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 11 KOTA SABANG (Irfandy, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.