Search :

Advance


ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA SMA INSHAFUDDIN TAHUN AJARAN 2015/2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tya Ulfah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulfah, Tya. 2016. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Siswa SMA Inshafuddin Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Rusman, M.Si., (2) Dr. Ibnu Khaldun, M.Si. Kata kunci: pemahaman konsep, tes diagnostik, kesulitan Penelitian ini bertujuan untuk melihat letak-letak kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa kelas XI IPA SMA Inshafuddin. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa terhadap materi kelarutan dan hasil kelarutan. Penelitian dilakukan di SMA Inshafuddin dengan subjek 24 orang siswa-siswi kelas XI IPA. Penelitian dilakukan melalui observasi dan tes diagnostik menggunakan instrumen tes uraian tentang konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Letak kesulitan konsep kimia siswa terdapat pada (1) 72,92% siswa gagal dalam menuliskan ungkapan hasil kali kelarutan yang diwakili oleh 4 soal, (2) 73,6% siswa tidak mampu menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan suatu zat, (3) 83,33% persen siswa gagal dalam menjelaskan konsep pengaruh ion senama terhadap kelarutan, (4) 80,56 siswa gagal dalam menjelaskan pengaruh pH terhadap kelarutan suatu zat, dan (5) 58,33% siswa tidak mampu mengemukakan perbandingan Ksp dan Qsp. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa-siswi pada SMA Inshafuddin mengalami kesulitan dalam memahami konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. persentase rata-rata siswa yang memahami konsep adalah 7,36% mencakup seluruh konsep yang diujiankan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor yang berasal dari diri siswa dan faktor dari guru atau lingkungan.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

"PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWERPOINT PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015" (safrizal, 2015)

PENERAPAN METODE DISCOVERY-INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Zulkhairi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.