//

KAJIAN KAPASITAS PENGETAHUAN KEBENCANAAN PADA TIM DISASTER RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOEL ABIDIN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nila Mulyani - Personal Name
SubjectDISASTER - SOCIAL SERVICES
MEDICAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pengalaman Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin sebagai korban bencana tsunami pada tahun 2004 menuntut Tim Disasternya untuk dapat mengelola pengetahuan kebencanaan sehingga tercapai respon penanganan bencana yang maksimal. Penelitian ini berupa knowledge audit yang bertujuan untuk mengidentifikasi knowledge asset, knowledge flow, membuat knowledge maps dan menemukan gap berdasarkan knowledge vision organisasi menggunakan pendekatan knowledge management dari Nonaka. Partisipan penelitian adalah seluruh anggota tim disaster rumah sakit. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Analisis data menggunakan analisis tematik disertai penyesuaian dengan teori Nonaka berupa SECI, ba, dan Knowledge Assets. Hasil penelitian menunjukkan lemahnya semua bagian SECI dengan gap berupa jarang bicara bencana, proses organisasi yang tidak sehat, budaya organisasi yang menghambat proses berbagi knowledge, dukungan pimpinan yang tidak adekuat, bukan sebagai pekerjaan utama, konsep bencana eksternal yang dominan, terbatas kepentingan akreditasi, terbatas pada penguatan kapasitas pengetahuan individu, kesulitan membedakan tanggung jawab (tim disaster, K3, patient safety), aplikasi ilmu yang terbatas, dan mutasi personil yang tinggi. Knowledge assets yang dominan adalah experiential knowledge asset dan routine knowledge asset berupa tacit knowledge penanganan kegawatdaruratan medik. Tampak knowledge flow dengan pola yang tidak konsisten dan berbeda pada tiap level organisasi dengan hambatan yang besar. Beberapa rekomendasi telah berhasil dibuat berdasarkan hasil penelitian tersebut. Kata Kunci: Knowledge Management, Knowledge Audit, Knowledge Assets

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KAPASITAS PENGETAHUAN KEBENCANAAN PADA TIM DISASTER RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOEL ABIDIN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT) (Nila Mulyani, 2017)

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)

HUBUNGAN HOSPITAL DISASTER PLAN DENGAN HOSPITAL PREPAREDNESS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Lia Adriyani Siregar, 2018)

GAMBARAN PERAN PERAWAT PELAKSANA TENTANG FASE MANAJEMEN BENCANA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (RAFIANA ISNAIN, 2013)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DESA LAMBUNG KOTA BANDA ACEH (Zulfan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy