Search :

Advance


PENGUKURAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH MENGGUNAKAN MAQASHID SHARIAH INDEX (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH DI ASIA TENGGARA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NASTHA MUSFIRAH - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dari perbankan syariah di Negara Asia Tenggara menggunakan maqashid shariah index. Penilaian kinerja pada perbankan syariah biasanya hanya dilihat dari pengukuran kinerja keuangannya saja. Pada penelitian ini kinerja perbankan syariah akan diukur dari segi tujuan syariahnya dengan menggunakan konsep maqashid shariah index yang dikemukakan oleh Abdul Majid Najjar di mana menyediakan sebuah konsep maqashid shariah yang lebih luas dan efektif dengan membaginya dalam empat objektif dan delapan elemen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Objek dari penelitian yang dilakukan adalah bank umum syariah pada Negara Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Brunei Darusalam, Thailand dan Filiphina) yang berjumlah 25 bank umum syariah. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan/ laporan tahunan yang diperoleh dari situs resmi masing- masing bank. Dengan menggunakan maqashid shariah index dan metode SAW (The Simple Additive Weigting), dapat disimpulkan bahwa Negara Indonesia memiliki kinerja terbaik yaitu sebesar 46,22%, dikuti dengan Negara Malaysia sebesar 43,15%, Negara Brunei Darusalam sebesar 37,54%, Negara Thailand sebesar 17,51%, dan Negara Filiphina sebesar 1,12%. Kata Kunci: Kinerja Perbankan Syariah, Maqasid Shariah Index, Konsep Abdul Maajid Najjar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA DITINJAU DARI MAQASHID SHARIAH INDEX (Riky Ramadhani, 2016)

ANALISIS KINERJA PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN MAQASHID INDEKS(STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TEDAFTAR DI BANK INDONESIA) (Jefry Dwi Febryansyah, 2014)

ANALISIS KINERJA PERBANKAN SYARIAH MENGGUNAKAN RASIO CAMEL, SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY (SCNP) MODEL, SERTA SHARIA-COMPLIANT INDEX (STUDI KASUS PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA TAHUN 2011-2013) (Putra Randa, 2015)

ANALISIS SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE INDEX DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX (NAILUL KHARISMA, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN VARIABEL INSTRUMEN MONETER SYARIAH TERHADAP KINERJA PERBANKAN SYARIAH (elwin syahputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.