Search :

Advance


PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhidayati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hidayati, Nur. 2017. Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Gerak Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Muhibbuddin, M.S., (2) Dra. Asiah M,D., M.P Kata Kunci: Macromedia flash, Hasil belajar, dan Aktivitas siswa. Pembelajaran di sekolah umumnya masih mengandalkan bahasa verbal dalam penyampaian materi, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan aktivitas yang menurun selama proses belajar mengajar berlangsung. Salah satu solusinya adalah menggunakan media belajar berbasis multimedia yang dikombinasikan dengan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh yang menggunakan media hasil pemanfaatan Macromedia Flash dengan model PBL pada materi sistem gerak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berjenis true experimental design dengan metode Control group pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol adalah 65,24 dan 44,91. Sedangkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pemanfaatan Macromedia Flash dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA MATERI REDOKS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Wizarah, 2015)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MIKROSKOPIK KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Syuhada Annisa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.