Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ita Juliana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Materi Reaksi Redoks untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya” yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan aktivitas siswa terhadap model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA I yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar lembar observasi, angket tanggapan siswa, dan lembar soal. Data yang diperoleh diolah dengan rumus persentase. Hasil observasi pertemuan pertama sebesar 79,90% dan pertemuan kedua sebesar 95,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebesar 76,19%. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model CIRC pada materi reaksi redoks, siswa yang memberi respon positif sebesar 82,14% sedangkan siswa yang memberi tanggapan negatif sebesar 17,86%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC pada materi reaksi redoks dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata Kunci: model CIRC, hasil belajar, dan reaksi redoks. ABSTRACT Has conducted a study entitled "Application of Cooperative Learning Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) to Content Redox Reactions to Improve Student Results In Class X MIA 1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya" which aims to determine student learning outcomes, student, and student activity against the model CIRC. This study used a qualitative approach with descriptive research. Subjects of this study are students of class X MIA I, which has 21 students. The instrument used in this study of observation sheet sheet, questionnaire responses of students, and a booklet. The data obtained were processed by percentage formula. The results of the observation of the first meeting and the second meeting 79.90% of 95.5%. The results showed that the students' learning achievement of 76.19%. The results of students' responses to the application of the model on the material CIRC redox reactions, the students who gave a positive response by 82.14% while the students gave a negative response by 17.86%. Based on these results it can be concluded that the application of the model CIRC on the material of redox reactions can improve learning outcomes and student activity. Keywords: CIRC models, learning outcomes, and redox reactions.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP POLA INTERAKSI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA LABSCHOOL UNSYIAH BANDA ACEH (Irda Mailisa, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 (Ulfiasari, 2014)

THE USE OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (AN XPERIMENTAL STUDY AT SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Hilda Utari Mandayani, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN TIPE TPS PADA KELAS VII MTSN RUKOHRNKOTA BANDA ACEH (Syarifah Mawardiah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.