Search :

Advance


KONTRIBUSI KELINCAHAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN DRIBBLE BOLA BASKET PADA UKM BOLA BASKET UNSYIAH TAHUN 2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Darmawan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Darmawan, Rizal. 2017. Kontribusi Kelincahan Dan Panjang Tungkai Terhadap Kecepatan Dribble Bola Basket Pada UKM Bola Basket Unsyiah Tahun 2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Ifwandi, S.Pd, M.Pd. (2) Karimuddin, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: kelincahan, panjang tungkai, kecepatan dribble Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kelincahan dan panjang tungkai terhadap kecepatan dribble bola basket pada UKM bola basket Unsyiah Tahun 2016. Jenis penelitian ini ialah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet UKM bola basket Unsyiah Tahun 2016 berjumlah 12 orang. Mengingat populasi yang sangat sedikit maka keseluruhan populasi (total sampling) akan dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 12 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes kelincahan, diukur dengan Illinois agility run, (2) Tes panjang tungkai, diukur dengan menggunakan pita ukur, dan (3) Tes kecepatan dribble bola basket diukur dengan menggunakan tes menggiring cepat (dribble zig-zag). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kelincahan terhadap kecepatan dribble bola basket pada atlet UKM bola basket Unsyiah Tahun 2016, sebesar (r=0,64), kelincahan memberikan kontribusi sebesar 40% terhadap kecepatan dribble bola basket, (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara panjang tungkai terhadap kecepatan dribble bola basket pada UKM bola basket Unsyiah Tahun 2016 sebesar (r = 0,58) memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap kecepatan dribble bola basket, (3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kelincahan dan panjang tungkai secara bersama-sama terhadap kecepatan dribble bola basket pada UKM bola basket Unsyiah Tahun 2016 sebesar (R.x1x2y= 0,70). Simpulan penelitian ini adalah terdapat kontribusi yang signifikan antara kelincahan dan panjang tungkai terhadap kecepatan dribble bola basket. Disarankan dalam upaya peningkatan kecepatan dribble hendaknya para pelatih dan atlet harus memperhatikan komponen kondisi fisik kelincahan dan panjang tungkai karena kedua komponen ini sangat berperan dalam kecepatan dribble bola basket.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

KONTRIBUSI KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING BOLA BASKET PADA KLUB BOLA BASKET SMA NEGERI BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/206 (Bayu Kawla Yodhi Adha, 2016)

KONTRIBUSI TINGKAT KECEMASAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING OLAHRAGA BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (ZULFAN MIRANDA, 2015)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2013 (Saiful Arzi, 2016)

PERBANDINGAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET ANTARA PANGLIMA POLEM BASKETBALL CLUB DENGAN ARAI BASKETBALL CLUB TAHUN 2016 (Randy Tri Handoko, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.