Search :

Advance


ANALISIS KINERJA RUAS JALAN POCUT BAREN BERDASARKAN KECEPATAN DAN DERAJAT KEJENUHAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Angga Syahputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ruas Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat. Hal ini dikarenakan ruas jalan tersebut berada di kawasan perkotaan yang terdapat beberapa perkantoran, sekolah, rumah makan dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarkat yang mengakibatkan banyaknya aktivitas dibadan jalan seperti pejalan kaki, kendaraan berhenti, parkir, kendaraan lambat dan kendaraan keluar-masuk dari sisi jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja jalan pada ruas jalan dua-arah tak-terbagi Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh. Ruas jalan yang ditinjau hanya sepanjang 91,2 m dengan lebar jalur 8 m, namun di lapangan lebar jalur jalan ini berkurang akibat adanya kendaraan parkir di badan jalan. Analisa kinerja jalan ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data primer yang dibutuhkan yaitu volume lalu-lintas, hambatan samping, waktu tempuh dan geometrik jalan. Data sekunder berupa jumlah penduduk dan peta Kota Banda Aceh yang didapat dari instansi terkait. Hasil pengolahan data didapat volume puncak kendaraan terjadi pada hari Senin, 28 November 2016 pada pukul 17.00-18.00 sebesar 1504 smp/jam dengan kapasitas 2089 smp/jam dan dengan kelas hambatan samping rendah (249 kej/jam). Kecepatan arus bebas dan derajat kejenuhan (DS) tertinggi terjadi pada jam 17.00-18.00 WIB, dimana kecepatan arus bebas sebesar 33,9 km/jam dan derajat kejenuhan sebesar 0,72 dengan memiliki tingkat pelayanan jalan atau Level of Service (LOS) berada pada tingkat C (0,70 < V/C < 0,80) dengan keterang “arus stabil, kecepatan dapat dikontrol oleh lalu lintas” dimana nilai ini membuktikan kinerja ruas Jalan Pocut Baren digolongkan baik. Kecepatan tempuh aktual pada jam puncak volume lalu-lintas pada pukul 17.00-18.00 WIB sebesar 22,26 km/jam dengan tingkat pelayanan jalan (LOS) berada pada tingkat F (< 50 km/jam) dengan keterangan “arus yang terhambat, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas, sering terjadi kemacetan pada waktu yang cukup lama. Kata kunci : Kecepatan tempuh, derajat kejenuhan, kinerja jalan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MINYAK(STUDI KASUS JALAN POCUT BAREN KOTA BANDA ACEH) (sofi marlinda, 2016)

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU PENYEBRANG PEJALAN KAKI (REVI SYAMDITIAN, 2017)

ANALISIS KINERJA JALAN SATU ARAH PADA RUAS JALAN W. R. SUPRATMAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (Muhammad Andri Putra S, 2014)

ANALISIS KINERJA JALAN SATU-ARAH PADA RUAS JALAN K.H. AHMAD DAHLAN KOTA BANDA ACEH (DALAM KONDISI EKSISTING DAN KONDISI MERUBAH POLA PARKIR MENJADI PARALEL SERTA MERELOKASI PKL) (T. AULIA AKBAR, 2015)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH BERDASARKAN VARIASI WAKTU DAN SEGMEN JALAN (MUSTAFA KAMAL, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.