//

EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI DALAM PENCAPAIAN NILAI KKM IPA SDN 2 LAMBHEU PADA MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ropisa - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
ANIMATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Media animasi, kenampakan bumi, dan benda langit Hasil belajar mata pelajaran IPA dari siswa kelas IV SDN 2 Lambheu secara umum masih rendah. Pembelajaran didominasi kegiatan verbal; media pembelajaran tidak sering digunakan. Penggunaan media animasi yang sesuai dengan karakteristik siswa mampu meningkatkan motivasi belajar sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran. Sesuai dengan yang diharapkan penggunaan media animasi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pengkajian tersebut dilakukan dengan Judul “Efektivitas media animasi dalam pencapaian nilai KKM IPA SDN 2 Lambheu pada materi Kenampakan Bumi dan Benda Langit”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “apakah penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Lambheu sehingga media tersebut efektif digunakan sebagai salah satu usaha pencapaian nilai KKM dari sub pokok bahasan mata pelajaran IPA pada materi kenampakan bumi dan benda langit”? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Lambheu dalam rangka pencapaian nilai KKM dari sub pokok bahasan mata pelajaran IPA pada materi kenampakan bumi dan benda langit. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Lambheu Aceh Besar. Subjek penelitian, seluruh siswa kelas IV SDN 2 Lambheu yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui test akhir (test formatif). Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan ∝ =0,05 dan dk = 30. Hasil analisis diperoleh apabila thitung > ttabel; yaitu H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti nilai test formatif berbeda nyata dengan nilai KKM dari sub pokok bahasan pada materi pelajaran IPA. Karena nilai tes formatif lebih besar dari nilai KKM KD, maka faktual ini diinterprestasikan bahwa rata-rata nilai tes formatif yang diperoleh dari hasil belajar dengan menggunakan media animasi untuk materi kenampakan bumi dan benda langit efektif digunakan dalam pencapaian nilai KKM KD di kelas IV SDN 2 Lambheu pada materi Kenampakan Bumi dan Benda Langit.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM SERTA RNHUBUNGANNYA DENGAN KERAGAMAN SOSIAL DAN RNBUDAYA DI KELAS IV SDN ATONG ACEH BESAR (ZULFIDARINDAYANI, 2014)

PEMBUATAN ANIMASI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF BUATAN MENGGUNAKAN BLENDER (Farhani Firda, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT SISWA KELAS IV SDN 1 PEUKAN BADA (Nurlatifah, 2014)

ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI SIKLUS HIDROLOGI UNTUK SISWA SMA KELAS 10 DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE OPEN SOURCE BLENDER 2.67 (Nanda Nastasyia, 2014)

PENERAPAN METODE DEMONTRASI PADA MATERI KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA-BENDA LANGIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 SABANG (Lisa Umami, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy