Search :

Advance


ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PADA PEKAN MINGGU DI KOTAFAJAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mega Srivilja - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: bentuk alih kode, bentuk campur kode Penelitian ini berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Transaksi Jual Beli pada Pekan Minggu di Kotafajar”. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk alih kode dan campur kode dalam transaksi jual beli pada Pekan Minggu di Kotafajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam transaksi jual beli pada Pekan Minggu di Kotafajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik bebas libat cakap, teknik pengamatan, teknik catat, dan teknik rekam. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Lokasi penelitian di Pekan Minggu Kotafajar dan sumber data penelitian ini adalah pedagang dan pembeli di Pekan Minggu Kotafajar yang menggunakan bahasa Aceh (BA), bahasa Kluet (BK), dan bahasa Jamèe (BJ). Data dalam penelitian ini adalah tuturan dari sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode terjadi dalam BA dengan BJ; BA dengan BK; dan BJ dengan BK. Bentuk alih kode dalam penelitian ini yaitu berbentuk alih bahasa, yaitu BA dengan BJ, BA dengan BK, dan BJ dengan BK. Campur kode berbentuk (a) penyisipan unsur-unsur yang berbentuk kata (tumpuk, galoh, hargo e, we, rayek, merong, Dak, dan ujo; (b) Penyisipan unsur-unsur yang berbentuk frasa saratuih duo puluh, limo ribu, nam plôh, Etek singgah Tek, begidi saudaro dan minggu likot; dan (c) penyisipan unsur-unsur yang berbentuk reduplikasi meputor-putor, selong-selongi, dan lipik-lipik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV MIN LAMJAMPOK KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATENACEH BESAR (Rahmad Munawar, 2016)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM IKLAN BERBAHASA ACEH PADA SIARAN RADIO DI BANDA ACEH (Asmaita, 2013)

CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DALAM LIRIK LAGU BERBAHASA ACEH (Intan Permatasari, 2014)

CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI PEDAGANG OBAT KELILING DI BANDA ACEH (meri yulizar, 2016)

CAMPUR KODE BAHASA ACEH DAN BAHASA INGGRIS PADA JUDUL BERITA HARIAN PROHABA DAN SIKAP PEMBACANYA (Juliani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.