Search :

Advance


INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA, ACEH DAN GAYO DI KAMPUNG PUJA MULIA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 1950-2015

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Emi Syahri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syahri, Emi. 2016. Interaksi Sosial antara Etnis Jawa, Aceh dan Gayo di Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah 1950-2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Anwar Yoesoef, M. Si., (2) Nurasiah, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Interaksi Sosial, Kampung Puja Mulia Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana interaksi sosial antara etnis Jawa, Aceh dan Gayo di Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar tahun 1950- 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sejarah kedatangan etnis Jawa dan Aceh di Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar pada tahun 1950-2015 (2) untuk mengetahui interaksi sosial antara etnis Jawa, Aceh dan Gayo di Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar padatahun 1950-2016. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan sejarah kritis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni wawancara dengan informan, dokumentasi pada arsip kampung, dan observasi langsung ke Kampung Puja Mulia. Informan dalam penelitian ini meliputi Sarak Opat serta warga dari etnis Jawa, Aceh, dan Gayo yang berdomisili di kampung tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah (1) sejarah kedatangan etnis Jawa dan Aceh di Kampung Puja Mulia dimulai sejak tahun 1950 pada saat ini terjadi migrasi spontan dari daerah lain ke wilayah Aceh Tengah dan sekitarnya salah satunya yaitu Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah sampai saat ini jumlah mereka terus bertambah. (2) interaksi sosial antara etnis Jawa, Aceh dan Gayo di Kampung Puja Mulia berjalan dengan batas-batas norma dan hidup harmonis, mereka saling bekerjasama di berbagai bidang antar sesama masyarakat di Kampung Puja Mulia sehingga mengacu pada keselarasan dan keseimbangan pandangan atau tindakan dalam melakukan interaksi sosial. Disarankan penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah dan masyarakat untuk memelihara perdamaian antar etnis dan menjaga keselarasan hidup bermasyarakat dalam berinteraksi antar etnis di Kampung Puja Mulia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA ETNIS ACEH DAN SISWA ETNIS GAYO DILINGKUNGAN SEKOLAH YANG DILAKSANAKAN DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BENERMERIAH (Ulfa Prolisa Srg, 2015)

KONFLIK ANTARA ETNIS PENDATANG DI TANAH GAYO (INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DAN ETNIS ACEH DI KAMPUNG GAYO MURNI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH, 1989-2015) (Nanda Winar Sagita, 2017)

UPAYA PENINGKATANINTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT JAWA DAN GAYO DI DESA BLANG JORONG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Doni Syahputra, 2017)

ASIMILASI DAN PERGESERAN NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (RAMADHAN, 2016)

PERKEMBANGAN KOMUNITAS JAWA DI KECAMATAN BIES KABUPATEN ACEH TENGAH (1931-2015) (Ihwanto, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.