Search :

Advance


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KELAS VIII DI SMP N 3 LANGSA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Shinta - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Shinta, Putri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas Viii Di Smp N 3 Langsa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yusrizal., M.Pd., (2) Melvina, S.Pd., M.Ed Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan menggunakan alat peraga. Hasil wawancara menunjukkan bahwa guru masih kurang memanfaatkan media pembelajaran, sehingga menyebabkan minat belajar fisika di SMP N 3 Langsa kelas VIII-3 berkurang yang berdampak pada hasil belajar fisika siswa yang rendah. Umumnya siswa hanya mencatat materi yang diberikan oleh guru dari pada terlibat langsung di dalam pelaksanaan pembelajaraan. Oleh karena itu, guru dituntut lebih kreatif dalam memilih model pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa yang akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu pre-test dan post-test, data diolah menggunakan uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data nilai pre-test sebelum di berikan perlakuan diperoleh nilai rata -rata ̅ = 41,45 dengan simpangan baku = 13,14 dan nilai post-test (tes akhir) yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga diperoleh diperoleh ̅ dengan simpangan baku s 1 = 12,85. Hasil data uji-t dengan taraf signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 64 dan peluang 0,95 diperoleh = 1,67 sedangkan = 9,53. Jadi yaitu 9,53 1,67. Oleh karena itu, berada dalam penerimaan , sehingga ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh model kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan menggunakan alat peraga membuat siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa mampu bekerja sama dengan kelompok dalam melakukan percobaan, menganalisis suatu permasalahan, menjawab pertanyaan -pertanyaan pada LKPD dan dapat menarik kesimpulan dari permasalahan. Dengan demikian membuat siswa mudah mengerti dan mengingat materi yang diajarkan dan model ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru IPA di SMP.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 KOTA BANDA ACEH (husnul khatimah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN 1 TAPAKTUAN (AYU AFRIANA, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURERNDENGAN MODEL PEMBELAJARANRNEXAMPLES NON EXAMPLES (cut elisa octadiana, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CAHAYA SISWA KELAS VIII SMP 4 BANDA ACEH (ULFA MAULI HAZIRNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.