Search :

Advance


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nabilla Kesha - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, cerpen, teknik PST (Paired Story Telling), RPP Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik Paired Story Telling Pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Inshafuddin Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik Paired Story Telling pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik PST. Sumber data penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPA-1 SMA Inshafuddin Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pengolahan data dengan menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun guru, pelaksaan pembelajaran yang telah diamati, dan hasil pembelajaran berdasarkan penilaian yang guru berikan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa RPP yang disusun guru terdapat beberapa kesalahan namun, proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung cukup baik, dan penilaian hasil dari pembelajaran menulis cerpen dengan teknik PST cukup memuaskan dengan nilai rata-rata 71. Dengan demikian, rata-rata siswa kelas XI IPA-1 SMA Inshafuddin Banda Aceh menulis cerpen dengan teknik PST berdasarkan hasil penelitian ini tergolong baik. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran menulis dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat memperoleh gambaran lain sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING (BERCERITA BERPASANGAN)TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 12 BANDA ACEH, TAHUN AJARAN 2014/2015 (Yusnidar, 2015)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Nasir. S, 2013)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING (BERCERITA BERPASANGAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR (KOGNITIF) SEJARAH SISWA KELAS XII IPS MAN DARUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR (AULIA NISSA, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH MEMAHAMI FAKTA CERITA DALAM CERPEN MENDIANG KARYA S.N. RATMANA (Rukiyah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.