Search :

Advance


PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahrina Dhahirah,ab - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dhahirah AB, Syahrina. 2016. Pengaruh kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam kurikulum 2013 Terhadap Kedisiplinan Siswa kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosma Elly, M.Pd (2) Drs. Awaluddin, M.Pd. Kata kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kurikulum 2013, Kedisiplinan Kurangnya kedisiplinan siswa menyebabkan banyak siswa yang melanggar aturan sekolah. Salah satu upaya untuk mendisiplinkan siswa adalah dengan menerapkan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini berupaya mengungkapkan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di SD Negeri 10 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 10 Banda Aceh dengan sampel sebanyak 55 siswa. Populasi diambil dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 20.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di kelas V SD Negeri 10 Banda Aceh. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa diperoleh nilai korelasi 0,405 > 0,2656 dan signifikan 0,002 < 0,005. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIKAP TERHADAP PERDAMAIAN PADA REMAJA DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN PADA ORGANISASI PRAMUKA DI KOTA BANDA ACEH (Zakiatan Munira, 2016)

MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Suardi, 2014)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

PELAKSANAAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR KEUMUMU LABUHAN HAJI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVIYAR, 2015)

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Irmayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.