Search :

Advance


PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asma Diani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Diani, Asma. 2016. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Soewarno S, M. Si., (2) Mislinawati, S. PdI, M. Pd. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Efektif Kurang menguasai pengelolaan kelas adalah salah satu penyebab tidak tercapaianya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengangkat masalah Apakah ada pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 140 siswa dan sampel sebanyak 104 siswa. Populasi diambil dari 4 kelas, yaitu kelas VA, VB, VC, dan kelas VD. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16,0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran pengelolaan kelas pada kriteria tinggi dengan rata-rata 136,99 dan frekuensi relatif 60,4% dan pembelajaran efektif berada pada kriteria tinggi dengan perolehan rata-rata 94,97 dan frekuensi relatif 58,92% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif diperoleh nilai korelasi 0,714 > 0,1927 dan signifikan 0,000 < 0,005. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD NAGERI 69 BANDA ACEH (rahmi izzati, 2013)

KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN RNPENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN IPARNPADA SD NEGERI SEGUGUS I SAMPOINIETRNKABUPATEN ACEH JAYA (Yusnidawati, 2014)

HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Munira Astrini, 2017)

PEMBELAJARAN SENI TEATER PADA MATERI RANCANGAN DAN PERSIAPAN PEMENTASAN TEATER MODERN DI KELAS IX SMP NEGERI 5 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Aisyatur Radhiah, 2017)

TINGKAT KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 50RN BANDA ACEH (Hayatun Nufus, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.