Search :

Advance


ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI TEKS OPINI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mellida Rizal - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Analisis, Teks Opini, Kohesi dan Koherensi Penelitian yang berjudul “Analisis Kohesi dan Koherensi Teks Opini dalam Surat Kabar Serambi Indonesia” ini mengangkat masalah bagaimanakah kohesi dan koherensi teks opini dalam surat kabar Serambi Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kohesi dan koherensi teks opini dalam surat kabar Serambi Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah teks opini dalam surat kabar Serambi Indonesia dan data yang akan dianalisis berjumlah empat teks opini pada edisi Agustus 2016. Pengumpulan data menggunkan teknik telaah dokumen. Data yang terkumpul diolah secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teks opini dalam surat kabar Serambi Indonesia edisi Agustus belum dapat dikatakan sebagai teks yang baik. Hal ini disebabkan oleh (1) tidak terdapatnya penggunaan pemarkah kohesi yang tepat, seperti referensi, konjungsi, subtitusi dan repetisi (2) tidak terbentuknya keterkaitan gagasan-gagasan dalam paragraf, sehingga tidak terbentuk kesatuan makna di dalamnya. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan, bahwa keempat teks opini tidak memiliki unsur kohesi dan koherensi di dalamnya yang mengakibatkan pendapat-pendapat yang disampaikan penulis susah dipahami oleh pembaca.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI PADA TAJUK RENCANA DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (Anggarda Paramita, 2016)

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM PROPOSAL MAHASISWA PBSI TANGGAL 23 DESEMBER 2014 (NURFITRIANI, 2016)

ANALISIS NILAI SOSIAL BUDAYA PUISI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA (Fakhrurrazi, 2013)

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) (Chaerol Riezal , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.