Search :

Advance


EFEKTIFITAS PENYERAPAN LOGAM PB (II) DAN CR (VI) MENGGUNAKAN ADSORBEN KULIT MANGGIS BERUKURAN NANO

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfa Haura - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Untuk mengetahui persen penyisihan ion logam Pb (II) dan Cr (VI) dari limbah sintetik, telah dilakukan proses adsorpsi dengan menggunakan biosorben dan arang aktif dari kulit manggis. Kontrol variabel dalam penelitian ini meliputi konsentrasi awal limbah sintetik dan interval waktu adsorpsi selama 20 menit hingga mencapai waktu adsorpsi 120 menit. Limbah sintetik yang digunakan pada penelitian ini yaitu komponen ion tunggal dari Pb (II) dan Cr (VI) dari larutan Pb (NO3)2 dan K2Cr2O7. Variasi dari konsentrasi awal limbah yaitu; 20, 40, 80, 100 dan 200 mg/L. Proses adsorpsi dilakukan pada pH larutan 5, rasio perbandingan berat adsorben dan volume larutan limbah 1:200, kecepatan pengadukan 60 rpm, ukuran adsorben nano, dan berat adsorben 0,5 gram. Masing-masing adsorben dikarakterisasi menggunakan SEM untuk mengetahui sturktur morfologi, FTIR untuk mengetahui gugus fungsi, dan SEM-EDS untuk mengetahui komponen kimia yang terkandung dalam adsorben tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa arang aktif lebih maksimal menyerap logam Pb (II) dibandingkan dengan biosorben. Untuk penyerapan logam Cr (VI) pada konsentrasi awal logam 20, 40, dan 80 mg/L lebih baik dilakukan oleh arang aktif akan tetapi pada konsentrasi logam yang lebih tinggi (100 mg/L dan 200 mg/L) performa penyerapan terbaik dilakukan oleh biosorben. Kapasitas adsorpsi tertinggi oleh arang aktif untuk menyerap logam Pb (II) dan logam Cr (VI) adalah masing-masing sebesar 38,543 mg/g dan 36,838 mg/g. Sedangkan kapasitas adsorpsi tertinggi oleh biosorben untuk menyerap logam Pb (II) dan logam Cr (VI) adalah masing-masing sebesar 36,98 mg/g dan 36,12 mg/g. Kata kunci: Ion logam Pb (II), Cr (VI), biosorben, arang aktif, kulit manggis, nano adsorben

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN NANO KARBON AKTIF (Aris Munandar, 2017)

ADSORPSI ION LOGAM CU²⁺ MENGGUNAKAN NANO ZEOLIT ALAM (Yulianis, 2017)

PENGARUH UKURAN BUTIR DAN TEMPERATUR PIROLISIS PADA PEMBUATAN ADSORBEN DARI BATUBARA SUB BITUMINUS TERHADAP KECEPATAN DAN KAPASITAS PENGURANGAN KONSENTRASI MERKURI DALAM AIR LIMBAH PETI (Ali Hasymi, 2016)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KROMIUM (VI) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Desi Karmaini, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.