//

PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA OLEH GURU SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Retnosari - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Retnosari, Dian. 2017. Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran IPA Oleh Guru SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Suid AB, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Mahmud HR, M.Si Kata Kunci: Pendidikan karakter, proses pembelajaran IPA Dalam konteks pendidikan karakter salah satu yang dilakukan guru adalah dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini berupaya mengungkapkan proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar dengan subjek 13 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Bedasarkan hasil analisis data, proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu (1) Perencanaan yang telah dipersiapkan dengan baik berdasarkan silabus yang dikembangkan dalam bentuk RPP dan bahan ajar (2) Pelaksanaan yang meliputi tiga tahapan yaitu kegitan pendahuluan, inti dan penutup serta (3) Evaluasi untuk melakukan penilaian terhadap karakter yang telah dicapai oleh siswa. Terdapat beberapa karakter yang sering dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran IPA yaitu religius, rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif, mandiri, kerja sama, menghargai, peduli lingkungan, kreatif, tekun, ketelitian, tanggung jawab dan gemar membaca. Sedangkan karakter yang jarang dikembangkan oleh guru meliputi jujur, rasa hormat dan disiplin. Simpulan penelitian ini adalah proses pendidikan karakter di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar telah berjalan dengan baik. Guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang sesuai dengan ketentuan pendidikan karakter. Sehingga karakter yang ditanamkan pada siswa dapat berkembang dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI MATEMATIKA DI KELAS IISD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Putri Andaiyani, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA PELAKSANAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (RAHMAWATI, 2018)

HAMBATAN GURU DALAM MERUMUSKAN INSTRUMEN EVALUASI RANAH PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (WAHYUNI, 2015)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI UNGGULLAMPEUNEURUT ACEH BESAR (ILSADIATI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy