Search :

Advance


PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurfida Jufra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Nurfida Jufra, 2017: Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning cycle 7E pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di Kelas XI IPA SMAN 1 Samalanga. Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., Pembimbing II: Dr. Hasanuddin, M.Si. ABSTRAK Penelitian mengenai pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning cycle 7E pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Samalanga bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik serta hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar dan hubungan antara motivasi dengan hasil belajar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Samalanga. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi untuk mengetahui motivasi belajar dan instrumen tes untuk menilai hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis. Analisis data motivasi dianalisis menggunakan persentase, hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan uji Independent sample ttes dan Mann-Whitney pada taraf signfikan 0,05 dan hasil hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar dan hubungan antara motivasi dengan hasil belajar menggunakan rumus korelasi dan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil motivasi peserta didik kelas kontrol diperoleh 33% motivasi cukup baik, 59% motivasi baik, dan 8% motivasi sangat baik sedangkan motivasi peserta didik kelas eksperimen diperoleh 56% dengan motivasi baik dan 44% dengan motivasi sangat baik. Hasil belajar (t-hit 4,013 > t-tab 2,052) dan keterampilan berpikir kritis peserta didik berbeda secara signifikan. Hasil uji statistik hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar (t-hit 11,115 > t-tab 2,052) dan hubungan antara motivasi dan hasil belajar (t-hit 11,019 > t-tab 2,052). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Learning cycle 7E pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dapat meningkatkan motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik dan adanya hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar dan motivasi dengan hasil belajar kognitif peserta didik. . Kata Kunci: Learning cycle 7E, LKPD, motivasi, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MTSS AL-FURQAN BAMBI. (Emal Fida, 2016)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOME EXPERIMENT PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR (OKA MUNIRA, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Winda Amelia, 2015)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SQ3R DAN WEB PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAS JEUMALA AMAL LUENG PUTU PIDIE JAYA (Havea Juliar Apko, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.