Search :

Advance


PENGARUH LATIHAN OLAHRAGA HADANG TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ramadhan Syahputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syahputra, Ramadhan. 2017. Pengaruh Latihan Olahraga Hadang Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M.Pd (2) Ifwandi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: latihan olahraga hadang, peningkatan kebugaran jasmani Penelitian ini berjudul “Pengaruh Latihan Olahraga Hadang Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air”. Olahraga Hadang merupakan permainan olahraga tradisional. Permainan olahraga hadang ini banyak dimainakan masyarakat dari sebagian Provinsi di Nusantara. Permainan olahraga hadang dilakukan sebagai permainan untuk dilombakan pada acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus atau peringatan hari jadi Kabupaten Kota, selain itu olahraga hadang juga sering dimainkan sebagai pengisi waktu senggang. Pelaksanaan latihan olahraga hadang dapat mendorong peningkatan kebugaran jasmani pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan olahraga hadang terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air yang berjumlah 15 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air yang berjumlah 15 orang yang didapatkan melalui total sampling. Pengambilan data menggunakan tes kebugaran jasmani, dengan instrumen berupa TKJI untuk sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata, perhitungan standar deviasi, menghitung uji-T dan uji dua benda rata-rata. Hasil pengujian menggunakan uji-T mendapatkan T-hitung sebesar (6,825) lebih besar dari T-tabel pada taraf signifikan 5% = 2,145 maupun pada taraf signifikan 1% = 2,977 (2,145< 6,825>2,977). sehingga terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar (2,4) dari (13,6) menjadi (16). jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar (8%) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani melalui latihan olahraga hadang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 1 JEUNIB KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (MARDHANI, 2015)

PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI RESIMEN MAHASISWA 101 UNSYIAH (Rizki Ramadhan, 2016)

PENGARUH LATIHAN PERMAINAN LEMPAR BOLA DIANTARA DUA KAKI TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SMPLB YPAC II BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (jali warda, 2014)

HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (FAISAL, 2013)

HUBUNGAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VI PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 3 BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (MAULANA IQBAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.