//

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN AMPAS TAHU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAINALDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai fermentasi dalam ransum komersial terhadap kualitas spermatozoa ayam kampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 4 kali ulangan, kelompok perlakuan 1 (P0): ayam diberi 100% ransum komersial, perlakuan 2 (P1): ayam diberi 90% ransum komersial + 10% campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai fermentasi, kelompok 3 (P2): ayam diberi 80% ransum komersial + 20% campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai fermentasi dan kelompok 4 (P3) ayam diberi 70% ransum komersial + 30% campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai fermentasi. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari (pagi dan sore) dengan takaran 100gr/ekor/hari selama 30 hari. Pada hari ke 31 sampel semen dikoleksi dengan metode masase. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai yang difermentasi dalam ransum komersial berpengaruh secara nyata (P0,05) terhadap persentase motilitas dan spermatozoa hidup ayam kampung. Rata-rata konsentrasi dan persentase spermatozoa abnormal pada kelompok P3 berbeda secara nyata (P0,05) dengan P1 dan P2. Pemberian campuran ampas tahu, jagung, dedak dan bungkil kedelai fermentasi dalam ransum komersial dapat meningkatkan konsentrasi dan penurunan persentase spermatozoa abnormal, namun tidak berpengaruh terhadap persentase motilitas dan spermatozoa hidup ayam kampung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN AMPAS TAHU (ZAINALDI, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) SERTA LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU CRACKERS (Ridwan, 2017)

PEMANFAATAN AMPAS TAHU DAN IKAN TONGKOL SEBAGAI SUBSTITUSI PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG MAIZENA DALAM PEMBUATAN NUGGET (EVA DEWI, 2016)

PENGARUH JENIS BUMBU DAN KONSENTRASI GULA AREN TERHADAP MUTU KECAP MANIS AMPAS TAHU (Jumratul Aini, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.