Search :

Advance


OPTIMASI PENYERAPAN ION FE 3+ MENGGUNAKAN ZEOLITE AKTIF PADA FIXED BED COLUMN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauzi Redha - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

OPTIMASI PENYERAPAN ION Fe 3+ MENGGUNAKAN ZEOLITE AKTIF PADA FIXED BED COLUMN Nama Mahasiswa : Fauzi Redha NIM : 1309200090005 Pembimbing : Dr. Edi Munawar, ST, M.Eng Co-Pembimbing : Dr. Ir. Darmadi, MT ABSTRAK Makalah ini mempelajari tentang optimasi proses adsorpsi ion Fe dalam larutan menggunakan adsorbent zeolit aktif pada sistim aliran kontinyu. Optimasi dilakukan menggunakan metode respon permukaan. Variabel proses yang divariasikan adalah konsentrasi Fe pada inlet dan laju alir umpan ke dalam kolom adsorpsi. Respon yang diamati adalah waktu breakthrough pada kondisi ratio Ct/Co : 0,5 dan kapasitas adsorpsi pada kondisi breakthrough. Konsentrasi umpan menunjukkan pengaruh yang lebih signifikan terhadap nilai respon yang diamati. Sebuah model pengaruh konsentrasi umpan dan laju alir umpan disusun terhadap masing-masing respon. Untuk pengaruh konsentrasi umpan dan laju alir umpan terhadap waktu breakthrough menunjukkan model linear, sedangkan terhadap kapasitas adsorpsi, model yang disusun berbentuk polinomial kuadratik. Nilai waktu breakthrough dan kapasitas adsorpsi yang diperoleh dari eksperimen tidak jauh berbeda dengan nilai prediksi dari masing-masing model. Dalam batasan Co : 50 – 100 mg/L dan Qw : 6 – 8 mL/menit, rekomendasi variabel optimum diperoleh pada kondisi konsentrasi umpan 50 mg/L dan laju alir umpan 7,63 mL/menit. Dari hasil eksperimen, nilai waktu breakthrough yang diperoleh selama 338 menit dan kapasitas adsorpsi sebesar 0,578 mg/L. Kata Kunci : Adsorpsi, fixed bed column, RSM, zeolit. 3+

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI ALKALOID DARI KULIT BATANG DEHAASIA LONGIPETIOLATA (LAURACEAE) (Tina Melinda, 2013)

KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGURANGAN GAS EMISI CO2 DENGAN TEKNOLOGI BIOSPHERE (Dedy Arithama, 2015)

EFEKTIFITAS PENYERAPAN LOGAM PB (II) DAN CR (VI) MENGGUNAKAN ADSORBEN KULIT MANGGIS BERUKURAN NANO (Ulfa Haura, 2017)

EFEK PERUBAHAN SUHU KOLOM TERHADAP WAKTU MATI DAN INDEK RETENSI KOVATS PADA BERBAGAI DERAJAT KEPOLARAN DALAM KROMATOGRAFI GAS (Armi Satria, 2015)

OPTIMASI PRODUKTIFITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMROGRAMAN LINIER (Novita Khanza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.