Search :

Advance


PENERAPAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Khairani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khairani, Aulia. 2017. Penerapan Taknik Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:1 (1) Drs. Martunis, M.Si., (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Perilaku Asertif, Teknik Asertif Perilaku asertif sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial siswa, karena itu perlu dikembangkan melalui layanan konseling di sekolah. Asertif merupakan kemampuan individu mengungkapkan pikiran dan perasaannya baik yang positif maupun negatif serta mempertahankan hak yang dimilikinya dengan cara yang sopan tanpa menyakiti orang lain. Pemilihan teknik konseling untuk meningkatkan perilaku asertif dalam penelitian ini yaitu teknik asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa sebelum dan setelah diberikan teknik asertif dan untuk mengetahui pengaruh teknik asertif dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 orang siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh yang direkomendasikan oleh guru BK memiliki perilaku asertif rendah, sedangkan sampelnya adalah 10 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian pra-eksperimen one group pre-post test design. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data menggunakan paired sample sign-test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa sebelum diberikan teknik asertif memperoleh nilai rata-rata 115,3, perilaku asertif setelah diberikan teknik asertif memperoleh nilah rata-rata 137,5 dan peningkatan skor diperoleh rata-rata sebanyak 22,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik asertif dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa yang diberikan treatment. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada siswa, seperti siswa menjadi lebih percaya diri, mampu mengemukakan pikiran dan perasaannya, serta mampu mempertahankan hak yang dimilikinya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PERILAKU ASERTIF REMAJA TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL (SUATU PENELITIAN DI MAN KOTA BANDA ACEH) (Rini, 2017)

PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN 5 BANDA ACEH (Dinar Chairani, 2017)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN SIKAP ASERTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN RNKONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU RNPENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NURUL HIKMAH, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ASERTIVITAS REMAJA DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Maulidia Saputri, 2014)

HUBUNGAN ANTARA ASERTIVITAS DENGAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA DEWASA AWAL DI ACEH TENGAH (gemilang silemi retiara, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.