//

PERLINDUNGAN HAK ASASI TERSANGKA DALAM PENYIDIKAN KEPOLISIAN (STUDI KASUS DI POLRES PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazaruddin - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana Magister Ilmu Hukum
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PERLINDUNGAN HAK ASASI TERSANGKA DALAM PENYIDIKAN KEPOLISIAN (Studi Kasus di Polres Pidie) Oleh : * Nazaruddin ** Husni Jalil *** M. Nur Rasyid ABSTRAK Pasal 7 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 8 tahun 1981 tentang Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana menetapkan bahwa salah satu wewenang polisi adalah melakukan penyidikan terhadap kasus dugaan tindak pidana yang terjadi. Begitu juga ketentuan dalam pasal 13 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian yang menetapkan tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam melaksanakan penyidikan terhadap tersangka berpotensi terjadi pelanggaran hak asasi manusia, terkait dengan sikap polisi dan kendala dalam melaksanakan penyidikan terhadap tersangka. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana pandangan polisi penyidik mengenai pelaksanaan perlindungan hak asasi manusia dalam proses penyidikan dan apa kendala bagi polisi penyidik dalam perlindungan hak asasi tersangka dalam proses penyidikan terhadap tersangka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus data skunder melalui data kepustakaan dan data primer diperoleh dari wawancara dengan penyidik dengan tersangka dan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandangan polisi terhadap penyidik adalah positif dan profesional dan kendala dalam penyidikan adalah kurangnya pendidikan para penyidik dan kurangnya pendidikan kejuruan (teknis) bidang kepolisian Disarankan pandangan polisi penyidik yang positif dan profesional agar dapat ditingkatkan dan dipertahankan serta kendala bagi penyidik kurangnya pendidikan kejuruaan (teknis) di bidang kepolisian. Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Perlindungan, Penyidik dan Hak Tersangka. * Mahasiswa ** Ketua Komisi Pembimbing *** Anggota Komisi Pembimbing

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTANGGUNGJAWABAN PENYIDIK POLRI DALAM MELAKUKAN PENYIDIKAN YANG TIDAK MEMENUHI UNSUR TINDAK PIDANA (SUATU PENELITIAN DI POLDA ACEH) (Indra Stary Pradhana, 2017)

PERLINDUNGAN TERHADAP KORBAN AKIBAT PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN DALAM PENYIDIKAN PERKARA PIDANA(SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN DAERAH ACEH) (Fitria Ramadhani, 2013)

PENERAPAN PASAL 109 AYAT (1) KUHAP TENTANG SURAT PEMBERITAHUAN DIMULAINYA PENYIDIKAN (ANALISIS IMPLEMENTASI PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI NO.130/PUU-XII/2015 DI WILAYAH HUKUM POLRES BIREUN) (Taufan Girsang, 2018)

PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA JENIS TANAMAN GANJA (CANNABIS SATIVA) (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR ACEH BESAR) (Abdul Hafiz, 2015)

PELAKSANAAN INTEROGASI TERHADAP ANGGOTA POLRI BERDASARKAN KETENTUAN HUKUM ACARA PIDANA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM BIDANG PROPAM POLDA ACEH) (Heri Sudana Wijaya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy