Search :

Advance


PENGGUNAAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Itawari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Itawari, Rizki. 2017. Penggunaan Permainan Tangram untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Fakhriah, M.Pd Kata Kunci : Permainan Tangram, Mengembangkan, Kreativitas Tangram adalah salah satu permainan dengan menggunakan tujuh potong geometri yang disusun menjadi berbagai bentuk seperti hewan, orang, dan alat transportasi. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana perkembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan tangram di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan permainan tangram di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B6 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh, berjumlah 10 orang terdiri atas 3 laki-laki dan 7 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus sebanyak 7 anak belum berkembang (BB), 3 anak mulai berkembang (MB), belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang, 4 orang berkembang sesuai harapan (BSH), dan 3 orang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. Sebanyak 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH), 7 anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir dari unjuk kerja dalam bermain tangram terjadi perkembangan kreativitas anak usia dini mencapai 70%. Disimpulkan bahwa melalui permainan tangram dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Sebaiknya guru dapat membuat berbagai alat permainan edukatif untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini salah satunya dapat dilakukan melalui bermain tangram.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA KELOMPOK B 1 TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Nadya Rizky, 2016)

PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Ultari Ningsih, 2017)

UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA (SUATU PENELITIAN DI TK BUNGONG SELEUPOEK UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM) (syamsiah, 2014)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN 3M DAN MELIPAT DI TK NEGERI DHARMA WANITA TEUNOM (Fitri, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KREATIVITAS PENCAMPURAN WARNA PADA TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (NOVITA FANNY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.