Search :

Advance


PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahratul Aini - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: LKPD, pendekatan saintifik, koloid Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Koloid” yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan saintifik dan mengetahui persentase kelayakan, serta mengetahui penilaian guru kimia dan tanggapan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi koloid yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R & D) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa angkatan 2011 Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Pengambilan subjek mahasiswa 2011 karena telah mengikuti mata kuliah micro teaching dan yang sedang mengikuti mata kuliah Pengalaman Praktek Lapangan (PPL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian kualitas LKPD dan angket tanggapan mahasiswa. LKPD divalidasi oleh tim ahli yang terdiri dari 2 orang dosen Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah. Lembar penilaian kualitas LKPD diberikan kepada guru kimia SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Banda Aceh yang masing-masing berjumlah 2 orang, sedangkan angket tanggapan diberikan kepada mahasiswa setelah belajar menggunakan LKPD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik telah memenuhi kriteria yang baik. Berdasarkan validasi oleh tim ahli diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 89,48% dengan kategori sangat baik, sedangkan penilaian kualitas LKPD menurut guru kimia diperoleh persentase kelayakan sebesar 86,90% dengan kategori sangat baik. Tanggapan mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah diperoleh hasil persentase sebesar 92,88% dengan interprestasi sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik yang telah dikembangkan sudah layak diterapkan pada peserta didik di SMA/MA.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dina Safriana, 2015)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KOLOID (Zahratul Aini, 2017)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOME EXPERIMENT PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR (OKA MUNIRA, 2016)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maria Ulfa, 2015)

PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Uci Sulfia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.