Search :

Advance


PERBEDAAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENGKONSUMSI SUSU FORMULA DENGAN SUSU UHT (STUDI PADA ANAK DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut nyak Savira - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Nyak Savira Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Perbedaan pH Saliva Sebelum dan Sesudah Mengkonsumsi Susu Formula dengan Susu UHT (Studi pada Anak di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh) Salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada anak-anak adalah karies gigi. Risiko karies dapat terdeteksi dengan melakukan analisis saliva. Saliva merupakan cairan dengan susunan yang sangat mudah berubah-ubah dan dapat dianalisis keasamannya (pH), kandungan elektrolit dan protein yang terkandung di dalamnya. Ketiga hal tersebut dipengaruhi oleh keadaan psikis, stimulus, kadar hormon, gerak tubuh, obat-obatan dan diit. Salah satu diit yang dapat mempengaruhi nilai pH saliva adalah susu. Terdapat beberapa jenis susu, diantaranya adalah susu formula dan susu UHT (Ultra High Temperature). Susu formula mengandung 7 g lemak, 5 g protein, dan 14 g karbohidrat. Susu UHT mengandung 7 g lemak, 7 g protein, dan 13 g karbohidrat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pH saliva sebelum dan sesudah mengkonsumsi susu formula dengan susu UHT pada anak di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan randomized clinical control group pretest-posttest design. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 27 orang yang terdiri dari tiga kelompok yaitu 2 kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda, serta 1 kelompok kontrol. Setiap kelompok terdapat 9 orang subjek. Pengukuran pH saliva menggunakan pH meter digital. Analisis data menggunakan One-Way Anova (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONSUMSI KEJU DAN SUSU TERHADAP KAPASITAS BUFFER SALIVA PADA MURID USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH (HUSNUL KHATIMAH IMADUDDIN, 2017)

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (cut zuhra nurista, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, STATUS EKONOMI, PEKERJAAN, IKLAN SUSU FORMULA DAN ALASAN MEDIS DENGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI DI RSUDZA BANDA ACEH (Muhammad Fajrul Islam Siregar, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (VERA RIZKI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.