Search :

Advance


ANALISIS MOTIF SISWA SMA NEGERI MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN ACEH SINGKIL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marsauri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Motif siswa merupakan dorongan atau kekuatan yang ada dalam diri siswa, dorongan ini dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal untuk melanjutkan studi yang menunjang keberhasilan siswa di perguruan tinggi. Masalah penelitian adalah gambaran motif siswa dan faktor yang mempengaruhi siswa SMA Negeri melanjutkan studi ke perguruan tinggi di kabupaten Aceh Singkil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran motif siswa dan faktor yang mempengaruhi siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian 950 siswa, sampel penelitian adalah 281 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagian besar siswa mempunyai motif sangat tinggi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar (72.9%), dan sebagian kecilnya lagi siswa mempunyai motif melanjutkan studi adalah tinggi (0.6%), sedang (4.6%), rendah (1.1%) dan sangat rendah (0.7%) dan faktor yang mempengaruhi motif siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah faktor internal meliputi kepribadian, bakat akademik, bakat nonakademik serta minat. Kemudian faktor eksternal meliputi faktor masyarakat, ekonomi keluarga, dan peluang pekerjaan. Faktor yang paling menonjol yang mempengaruhi motif siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah faktor internal adalah bakat akademik sebesar (65.1%) sedangkan faktor eksternal ekonomi keluarga sebesar (79.3%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Rita Zahara, 2017)

HUBUNGAN PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN MOTIF AFILIASI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (DILLA TASLIA, 2015)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI SMAN 1 SIMEULUE CUT (Yogi Farmesa, 2016)

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKULIKULER PADA SMA NEGERI 1 SINGKIL UTARA (Alizar, 2015)

HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN MOTIF ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (Misna Rahmika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.