Search :

Advance


ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM TEKS CERITA BUKU PELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Kurniawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizki Kurniawati. 2017 “Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar”. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Wildan, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Irsyadillah, M.Sc. Kata Kunci : Nilai Karakter dan Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai karakter yang terdapat dalam teks cerita buku pelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 siswa kelas I, II, III, IV, V, VI sekolah dasar yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013, 2014, 2015 dan Penerbit Erlangga tahun 2014? Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam teks cerita buku pelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 siswa kelas I, II, III, IV, V, VI sekolah dasar yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013, 2014, 2015 dan Penerbit Erlangga tahun 2014. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku pelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 siswa kelas I, II, III, IV, V, VI sekolah dasar yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013, 2014, 2015 dan Penerbit Erlangga tahun 2014 yang berjumlah 51 buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam teks cerita buku pelajaran siswa sekolah dasar terdapat nilai karakter religius yang mencakupi dua jenis nilai yaitu nilai religius dalam beribadah dan bersyukur, nilai jujur terdapat dua jenis nilai yaitu jujur pada diri sendiri dan jujur pada orang lain, nilai toleransi terdiri dari dua jenis nilai yaitu nilai toleransi beragama dan nilai toleransi sosial, nilai disiplin terdiri dari dua jenis nilai yaitu disiplin waktu dan disiplin dalam berbangsa dan bernegara, nilai kerja keras terdiri dari dua jenis nilai yaitu kerja keras dalam belajar dan kerja keras dalam bekerja, nilai kreatif yang terdapat yaitu kreatif dalam berkarya, nilai mandiri terdiri dari dua jenis nilai yaitu mandiri dalam menjaga kesehatan dan mandiri dalam bekerja, nilai demokratis yang terdapat yaitu demokratis secara langsung, nilai rasa ingin tahu yang terdapat yaitu rasa ingin tahu secara langsung, nilai semangat kebangsaan terdapat dua jenis nilai yaitu semangat kebangsaan dalam berpikir dan semangat kebangsaan dalam bertindak, nilai cinta tanah air terdiri dari dua jenis nilai yaitu cinta tanah air dengan kebanggaan dan cinta tanah air dengan menghormati, nilai menghargai prestasi terdiri dari dari dua jenis nilai yaitu menghargai prestasi dengan pujian dan menghargai prestasi dengan saling mendukung, nilai bersahabat yang terdapat yaitu nilai bersahabat yang berhubungan dengan keakraban dalam berteman, nilai cinta damai yang terdapat yaitu cinta damai dalam keluarga, nilai gemar membaca terdiri dari dua jenis nilai yaitu gemar membaca secara individu dan gemar membaca secara berkelompok, nilai peduli lingkungan terdapat dalam menjaga kebersihan lingkungan, nilai peduli sosial terdapat dalam membantu sesama, dan nilai tanggung jawab terdiri dari dua jenis nilai yaitu tanggung jawab pada diri sendiri dan pada orang lain. Dari keseluruhan nilai karakter yang terdapat dalam teks cerita buku pelajaran sekolah dasar, nilai karakter paling dominan adalah nilai rasa ingin tahu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM HIKAYAT BAYAN BUDIMAN (Asmaul Husna, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENYUSUN TEKS CERITA FABEL (Indah Lestari , 2016)

KEMAMPUAN MEMPARAFRASE TEKS DRAMA MENJADI CERITA YANG PADU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Yoevi Juniar, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO MENENTUKAN STRUKTUR TEKS CERITA FABEL (Nurvida, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI (Mona Raisa Hanum, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.