Search :

Advance


PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ista Ana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif muncul dari konsep yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dengan menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian yang berjudul ”Perbandingan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Model Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinagn hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD di MTsN Model Banda Aceh pada materi Energi dan perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik pemilihan secara acak sehingga diperoleh kelas VIII-10 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-11 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Tes hasil belajar pretes dan postes pilihan ganda (20 butir) dan essay (2 butir) pada konsep energi dan perubahannya. Hasil analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas Eksperimen I sama dengan rata-rata skor posttest kelas eksperimen II thitung = 1,99 > ttabel =0,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model NHT sama baiknya dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model STAD pada kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Numbered Head Together, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENTRNTEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 7 RNBANDA ACEH (Mahrami, 2015)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Trya Andayani Mirda, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS)UNTUK MENINGKAKTKAN HASIK BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM (ROSLIMAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.