Search :

Advance


ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DIKELAS VIII MTSN LAM UJONG ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herni Maituty - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan. Persamaan kuadrat adalah salah satu materi yang diajarkan dikelas VIII pada semester ganjil. Berdasarkan pengalaman lapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi persamaan kuadrat dan belum mampu menguasai konsep-konsep dasar persamaan kuadrat. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian terhadap siswa kelas VIII di MTsN Lam Ujong Aceh Besar yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa pada materi persamaan kuadrat, untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat dan menentukan jenis kesalahan siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes dan wawancara untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa pada materi persamaaan kuadrat dan kesalahan siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat. Wawancara berguna untuk mengetahui penyebab terjadi kesulitan-kesulitan terhadap siswa pada materi persamaan kuadrat. Analisis data dilakukan dengan cara memeriksa jawaban siswa dan disesuaikan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dari hasil pengolah data diperoleh informasi bahwa dari 25 orang siswa yang diteliti penguasaan siswa pada materi persamaan kuadrat yang tingkat penguasaannya yang sangat rendah ada 5 orang (0%), presentase penguasaan siswa yang kurang menguasai 5 orang (20%), presentase siswa yang tidak menguasai 20 orang (80%). Maka dapat kita simpulkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam materi persamaan kuadrat kurang menguasai. Penyebab kesulitan yang dialami siswa diantaranya: (1) Materi yang sulit dipahami, (2) Pemahaman konsep dasar persamaan kuadrat masih sangat rendah; (3) kemampuan siswa yang masih sangat rendah ; (4) Kurangnya latihan mengerjakan pr di rumah; (5) Jarak pemberian tes dan pemberian materi; dan (6) Metode penyampaian tidak sesuai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJARRNSISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADURNDI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Lisnawati, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII7 MTSN RUKOH DARUSSALAM TAHUN 2016 (Imam Muslim, 2016)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TAHAPAN KASTOLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (AJIRNA, 2016)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI TAHAPAN KASTOLAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (Puji Lestari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.