//

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MERBAU (INTSIA SP) TERHADAP LOGAM TIMBAL(II)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faucut Sarah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Ion logam timbal(II), serbuk gergaji, merbau (Intsia sp), aktivasi, adsorpsi, Isoterm Langmuir dan Freundlich. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya serap serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) terhadap logam timbal(II). Sampel serbuk gergaji kayu merbau yang digunakan sebagai adsorben diambil dari sisa pembuatan perabotan rumah tangga pada panglung kayu yang berada di sekitar Kabupaten Aceh Timur. Studi adsorpsi dilakukan dengan memvariasikan pH, waktu kontak, massa adsorben, kecepatan pengadukan, dan konsentrasi awal ion logam timbal(II) yang dianalisis dengan menggunakan AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) dengan ukuran 150 mesh dapat mengadsorpsi ion logam timbal(II) dengan kondisi sebagai berikut konsentrasi 300 ppm, pH 5, waktu kontak 40 menit, massa serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) 3 gram, dan kecepatan pengadukan 250 rpm. Kapasitas adsorpsi dengan menggunakan adsorben yang telah diaktivasi basa lebih besar karena aktivator basa dapat melarutkan senyawa-senyawa yang menghambat proses adsorpsi. Proses adsorpsi ion timbal(II) oleh serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) memenuhi model isoterm Langmuir dan Freundlich karena nilai R2 yang didapatkan keduanya mendekati 1. Namun, Isoterm Freundlich lebih cocok digunakan pada proses adsorpsi ion timbal(II) oleh serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) karena nilai R2 isoterm Freundlich lebih besar dari isoterm Langmuir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KADMIUM (II) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Kana Puspita, 2015)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KROMIUM (VI) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Desi Karmaini, 2015)

UJI REAKTIVITAS KOLOID SULFUR PADA PELLET SERBUK GERGAJI YANG TERLAPISI KITOSAN TERHADAP UAP HG DAN REGENERASI HGS (NURUL AGUSTIA FADILLA, 2017)

STUDI LOGAM BERAT PADA SEDIMEN DASAR DI MUARA PULAU KAYU KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Donni Rianda, 2018)

ANALISIS KADAR CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN ARSEN PADA SUSU KAMBING SEGAR DENGAN METODE SPEKTROMETRI SERAPAN ATOM (STUDI KASUS DI PETERNAKAN KAMBING LIMPOK DARUSSALAM) (FIKHA FADLINA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.