Search :

Advance


KUALITAS TES MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS VII SMP ISLAM CENDIKIA EL HAKIM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia Azzuchra Us - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Kualitas Tes, Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Tes Matematika Keberhasilan proses pembelajaran diperlukan alat evaluasi yang baik. Salah satu alat evaluasi yang sering digunakan adalah tes. Alat evaluasi yang sering digunakan dalam pendidikan adalah tes yang berbentuk tertulis. Kriteria tes yang baik ialah validitas, reliabilitas, objektivitas, praktikabilitas dan ekonomis. Penelitian ini hanya dibatasi pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya Pembeda. Judul penelitian ini adalah Kualitas Tes Matematika Ujian Akhir Semester Kelas VII SMP Islam Cendikia El Hakim Aceh Besar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes matematika yang dibuat oleh guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang telah mengikuti ujian semester ganjil bidang studi matematika tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Islam Cendikia El Hakim Aceh Besar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi, yaitu dengan memeriksa lembar jawaban siswa pada ujian tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas soal tes dari 20 soal bentuk pilihan ganda tedapat 10 butir soal memenuhi kriteria valid, sedangkan selebihnya yaitu 10 butir soal belum valid dan perlu direvisi kembali. Untuk lima butir soal bentuk uraian terdapat 4 butir soal memenuhi kriteria valid sedangkan 1 butir soal perlu dievisi kembali. Tingkat reliabilitas tes pada soal pilihan ganda (r11 = 0,47) tergolong belum memiliki reliabilitas yang tinggi, sedangkan reliabilitas tes pada soal uraian ganda (r11 = 0) tergolong rendah. Tingkat kesukaran soal pilihan ganda terdapat 30% (6 soal) dalam kategori sukar, 50% (10 soal) berkategori sedang dan 20% (4 soal) berkategori mudah. Sedangkan untuk soal uraian 60% berada pada kategori sedang dan 40% pada kategori sukar. Sedangkan daya pembeda untuk soal pilihan ganda secara keseluruhan masih belum memiliki reliabilitas yang tinggi perlu adanya direvisi beberapa soal. Sedangkan untuk soal uraian berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pada soal bentuk pilihan ganda dan bentuk uraian dapat disimpulkan bahwa perlu adanya revisi terhadap beberapa soal yang belum memenuhi kriteria dengan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pebeda yang baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fifi Fajar, 2014)

KUALITAS TES MATEMATIKA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Iza Rona, 2017)

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER II (GENAP) BUATAN GURU MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Agustina, 2014)

ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015-2016 (DITINJAU DARI SEGI TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR). (Yudia Mutiara, 2016)

HUBUNGAN NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH I BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ikhsan Jailani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.