//

KUALITAS TES MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS VII SMP ISLAM CENDIKIA EL HAKIM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia Azzuchra Us - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Kualitas Tes, Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Tes Matematika Keberhasilan proses pembelajaran diperlukan alat evaluasi yang baik. Salah satu alat evaluasi yang sering digunakan adalah tes. Alat evaluasi yang sering digunakan dalam pendidikan adalah tes yang berbentuk tertulis. Kriteria tes yang baik ialah validitas, reliabilitas, objektivitas, praktikabilitas dan ekonomis. Penelitian ini hanya dibatasi pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya Pembeda. Judul penelitian ini adalah Kualitas Tes Matematika Ujian Akhir Semester Kelas VII SMP Islam Cendikia El Hakim Aceh Besar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes matematika yang dibuat oleh guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang telah mengikuti ujian semester ganjil bidang studi matematika tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Islam Cendikia El Hakim Aceh Besar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi, yaitu dengan memeriksa lembar jawaban siswa pada ujian tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas soal tes dari 20 soal bentuk pilihan ganda tedapat 10 butir soal memenuhi kriteria valid, sedangkan selebihnya yaitu 10 butir soal belum valid dan perlu direvisi kembali. Untuk lima butir soal bentuk uraian terdapat 4 butir soal memenuhi kriteria valid sedangkan 1 butir soal perlu dievisi kembali. Tingkat reliabilitas tes pada soal pilihan ganda (r11 = 0,47) tergolong belum memiliki reliabilitas yang tinggi, sedangkan reliabilitas tes pada soal uraian ganda (r11 = 0) tergolong rendah. Tingkat kesukaran soal pilihan ganda terdapat 30% (6 soal) dalam kategori sukar, 50% (10 soal) berkategori sedang dan 20% (4 soal) berkategori mudah. Sedangkan untuk soal uraian 60% berada pada kategori sedang dan 40% pada kategori sukar. Sedangkan daya pembeda untuk soal pilihan ganda secara keseluruhan masih belum memiliki reliabilitas yang tinggi perlu adanya direvisi beberapa soal. Sedangkan untuk soal uraian berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pada soal bentuk pilihan ganda dan bentuk uraian dapat disimpulkan bahwa perlu adanya revisi terhadap beberapa soal yang belum memenuhi kriteria dengan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pebeda yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 66 BANDA ACEH (Nina Zikrina, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS IV SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Juni Amal Isa Berutu, 2018)

KUALITAS TES UJIAN SEMESTER GANJIL BUATAN GURU MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (ACHMAD DAMANHURI, 2018)

KUALITAS TES DAN PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SISWA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Sabar Ibnu Muarief, 2018)

KULIATAS TES UJIAN AKHIR SEMESTER I BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS IX SMPN 17 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (DIAN SAFITRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy