//

HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BANTA CHAIRULLAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi Alajabar Hasil belajar sangat penting untuk melihat kemampuan siswa setelah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar berperan sebagai informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan menerapkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pemebelajaran matematika yaitu metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh Kota Banda Aceh pada tahun ajaran 2012/2013 telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Adapun hipotesis penelitian ini ialah hasil belajar siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar dikelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan sampel peneltian XI IA3 sebagai kelas experimen, yang berlokasi di MAN Rukoh. Pembelajaran berlangsung selama 4 kali pertemuan, pertemuan pertama sampai ketiga merupakan proses pembelajaran materi turunan fungsi aljabar. Pertemuan ke empat adalah tes hasil belajar Data yang diperoleh diolah menggunakan uji pihak kanan (sisi atas) dengan SPSS 17.0 menggunakan taraf signifikasi α= 0,05. Hasil analisis data menunjukkan didapat rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,766 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86, 65%. berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Misbahul Jannah, 2014)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII MTSN RUKOH (Sri Aulia, 2015)

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy