//

KONSTRUKSI MEU-… THAT DALAM BAHASA ACEH (TINJAUAN DESKRIPTIF MORFOLOGI BAHASA ACEH PADA DIALEK PEUSANGAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azwita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Konstruksi Meu-…That dalam Bahasa Aceh (Tinjauan Deskriptif Morfologi Bahasa Aceh pada Dialek Peusangan)” ini mengkaji masalah bagaimanakah pemakaian kontruksi meu-… that dalam bahasa Aceh? Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian konstruksi meu-... that dalam bahasa Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat penutur bahasa Aceh dialek Peusangan yang berdomisili di Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik lanjutan berupa simak libat cakap dan metode instrospeksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian konstruksi meu-... that meliputi lima aspek, yaitu (1) pemakaian konstruksi meu-+nomina+ that, (2) pemakaian konstruksi meu-+verba+ that, (3) pemakaian konstruksi meu-+adjektiva+ that, (4) pemakaian konstruksi meu-+pronomina+ that, dan (5) pemakaian konstruksi meu-+reduplikasi onomatope+ that. Secara umum, pemakaian konstruksi meu-... that tersebut mempunyai makna ‘menyerupai, memiliki, menyatakan tindakan aktif dan menyatakan dalam keadaan’. Kata kunci: konstruksi meu-... that, pemakaian, bahasa Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSTRUKSI KALIMAT INTEROGATIF BAHASA ACEH DIALEK PEUSANGAN (Julia Fitri, 2017)

VARIASI BAHASA ACEH DIALEK ACEH BESAR DAN BAHASA ACEH DIALEK PIDIE PADA MASYARAKAT ACEH DI KOTA SABANG (mauliana, 2013)

ABREVIASI DALAM BAHASA ACEH (Zahran Zikra, 2016)

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM PERIBAHASA GAYO (Reduk Mawati, 2017)

ANALISIS KOMPARATIF ANTARA BAHASA JAMEE PERANTAUAN DI BANDA ACEH DAN BAHASA MINANGKABAU BUKITTINGGI PERANTAUAN DI TAKENGON (Novia Erwandi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy