Search :

Advance


PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF TENTANG KONSEP BERHITUNG DENGAN APE FLASHCARD DI TK HUBBUL WATHAN LAMTEUBA KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Halimatonsakdiah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Halimatonsakdiah, 2011. Pengembangan Kemampuan Kognitif tentang Konsep Berhitung dengan APE Flashcard di TK Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas syiah kuala.pembimbing: (1) Dra. Fakhriah, M.Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd Kata Kunci: Kognitif, Konsep Berhitung, APE Flashcard Penelitian ini berjudul “Pengembangan Kemampuan Kognitif tentang Konsep Berhitung dengan APE Flashcard di TK Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeum Aceh Besar” dengan rumusan masalah bagaimana penggunaan APE flashcard dalam mengembangkan kognitif konsep berhitung dan bagaimana respon anak dengan menggunakan flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangkan kemampuan berhitung anak dalam menguasai konsep berhitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi melihat respon anak panduan pengamatan mengunakan foto dan unjuk kerja dengan kegiatan menghubungkan angka dengan gambar, menghitung angka, teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengembangan kognitif anak Berkembang Sesuai Harapan 6 orang anak (40%), Berkembang Sangat Baik 3 orang anak (20%), dan pada tindakan siklus II pengembangan kognitif anak Berkembang Sesuai Harapan 4 orang anak (26,7%), dan Berkembang Sangat Baik meningkat menjadi 9 anak (60%). Dapat disimpulkan bahwa: respon anak terhadap APE flashcard meningkat dilihat dari ketertarikan anak terhadap kegiatan yang dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung, anak-anak sangat tertarik dan antusias dalam melakukan kegiatan pembelajaran, kemampuan anak dalam memahami konsep berhitung meningkat. Saran peneliti: kepada guru taman kanak-kanak untuk mencoba permainan flashcard untuk merangsang pengembangan berhitung, flashcard bukan hanya melihat angka tetapi gambar dan warna yang menarik sehingga anak dapat termotivasi dan konsentrasi dalam melakukan permainan, Pihak sekolah hendaknya meningkatkan jalinan kerjasama dengan wali murid untuk membantu proses pengenalan konsep bilangan dan berhitung, anak tidak hanya belajar disekolah tetapi dirumah juga orang tua harus mengembangkan konsep berhitung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Cut Rahmadani, 2014)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

PERANAN SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP RNDI SMP KECAMATAN SEULIMEUMRNKABUPATEN ACEH BESAR (Kamaruddin, 2014)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Ayu Rahmi, 2013)

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT ARSEN (AS) DAN HARA MIKRO BESI (FE) DALAM PUPUK ORGANIK DENGAN METODE SPEKTROMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Rina Ika Octaviana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.